kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Biden: Saya yakin China akan bekerjasama dengan Taliban


Rabu, 08 September 2021 / 12:59 WIB
Biden: Saya yakin China akan bekerjasama dengan Taliban
ILUSTRASI. Presiden AS Joe Biden memberikan pernyataan mengenai Afghanistan dalam pidatonya di State Dining Room Gedung Putih di Washington, Amerika Serikat, Selasa (31/8/2021).


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengaku sangat yakin ke depan China dan Taliban akan menjalin kerjasama yang kuat, setelah kelompok Islam tersebut merebut kendali Afghanistan.

Biden mengatakan, nantinya China akan membuat beberapa pengaturan khusus agar hubungannya dengan Taliban bisa terjalin dengan baik. Metode seperti ini juga diyakini akan dilakukan oleh Iran, Pakistan, dan Rusia.

"China memiliki masalah nyata dengan Taliban. Jadi mereka akan mencoba membuat beberapa pengaturan dengan Taliban. Seperti halnya Pakistan, Rusia, dan Iran, mereka sedang mencari cara," ungkap Biden, Selasa (7/9), seperti dikutip Reuters.

Bersama dengan negara-negara G7 lainnya, AS telah sepakat untuk mengoordinasikan tanggapan mereka terhadap Taliban dalam satu suara.

Baca Juga: Ditinggal negara Barat, ratusan fasilitas medis di Afghanistan terancam tutup

AS telah memblokir akses Taliban ke cadangan finansial Afghanistan, yang sebagian besar dipegang oleh Federal Reserve New York. 

Langkah ini diambil untuk memastikan agar Taliban memenuhi janji mereka guna menghormati hak-hak perempuan dan hukum internasional.

Di sisi lain, ancaman ekonomi tersebut dianggap tidak akan berlaku jika pada akhirnya China atau Rusia bisa bergerak lebih cepat dan memberi dana kepada Taliban untuk mengatur Afghanistan.

Untuk mengatasi berbagai masalah finansial ini, Italia sebagai presiden ekonomi utama G20, yang meliputi China dan Rusia, telah meminta pertemuan khusus dengan kedua negara itu demi membahas pendekatan dengan Afghanistan.

Baca Juga: Taliban mengincar hubungan kerja sama dengan Rusia hingga Pakistan




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×