kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ditinggal negara Barat, ratusan fasilitas medis di Afghanistan terancam tutup


Selasa, 07 September 2021 / 12:03 WIB
Ditinggal negara Barat, ratusan fasilitas medis di Afghanistan terancam tutup
ILUSTRASI. Pengungsi anak-anak menunggu penerbangan berikutnya setelah didaftarkan di Bandara Internasional Hamid Karzai, di Kabul, Afghanistan, Kamis (19/8/2021).


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - KABUL. Ratusan fasilitas kesehatan di Afghanistan kini terancam tutup karena kehilangan dukungan dari negara-negara Barat yang kini menghindari berurusan dengan pemerintah baru Taliban.

Rick Brennan, direktur darurat regional WHO, mengatakan sekitar 90% dari 2.300 fasilitas kesehatan di seluruh negeri mungkin harus ditutup segera minggu ini.

Kepada Reuters, Brennan mengatakan para pemberi bantuan dari Barat mungkin memiliki kebijakan tersendiri yang membuat mereka enggan berurusan dengan Taliban.

"Kami akan menghentikan operasi di sebagian besar fasilitas kesehatan. Perkiraan hingga 90% akan berhenti berfungsi mungkin di akhir minggu," ungkap Brennan.

Baca Juga: Paus Fransiskus: Mari berdoa dan berpuasa untuk kedamaian Afghanistan

Perwakilan WHO tersebut juga memprediksi akan ada peningkatan pada jumlah penyakit dan kematian menyusul tutupnya banyak fasilitas kesehatan yang ada.

Saat ini WHO berusaha mengisi kesenjangan dengan menyediakan pasokan, peralatan, dan pembiayaan ke 500 pusat kesehatan. WHO juga bekerja sama dengan Qatar untuk pengiriman medis yang akan datang dengan pesawat.

"Kami berharap ada dua atau tiga muatan pesawat yang diterbangkan dari pemerintah Qatar mungkin ke Kabul dalam minggu depan atau lebih," lanjutnya.

Sejak Taliban menguasai Afghanistan pada 15 Agustus lalu, WHO dan lembaga bantuan lainnya telah berjuang untuk membawa pasokan medis, sebagian dimanfaatkan untuk menangani kekacauan di bandara Kabul.

Brennan melaporkan bahwa pasokan medis terus diterbangkan melalui kota Mazar-i-Sharif di utara serta dari Pakistan melalui jalur darat.

Selanjutnya: Akui kecolongan, intelijen Inggris tak menyangka Taliban kuasai Afghanistan tahun ini




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×