kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bill Gates lebih takut pada gigitan nyamuk ketimbang serangan hiu


Rabu, 25 April 2018 / 22:16 WIB
Bill Gates lebih takut pada gigitan nyamuk ketimbang serangan hiu
ILUSTRASI. Bill Gates


Reporter: Hasbi Maulana | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - SEATTLE, AS. Jika Anda bertanya kepada seseorang tentang hal-hal apa yang paling membuat orang takut, ada daftar tersangka yang biasa muncul: serangan hiu, ketinggian, ruang tertutup, dan sebagianya.

Namun jika pertanyaan itu Anda tujukan kepada salah seorang paling kaya di dunia, William Henry Gates III (Bill Gates), maka dia akan menjawab dengan tegas bahwa nyamuk menakutkan bagi dia lebih dari hampir apa pun.

Bill mengakui bahwa ketakutan akan nyamuk tersebut agak irasional di Seattle, Amerika Serikat (AS), tempat dia tinggal. Iklim kota itu terlalu ringan untuk jenis nyamuk yang memiliki penyakit serius. 

Namun, memang bukan soal lingkungan di tempat tinggalnya yang membuat dia ketakutan pada nyamuk. Dalam blog-nya Gates Notes, Bill menyodorkan angka statistik yang menjadi alasannya.

Dari semua penyakit yang disebarkan nyamuk, tulis Bill, malaria adalah yang terburuk sejauh ini. Lebih dari 200 juta orang mengalaminya setiap tahun, dan seorang anak meninggal karena malaria setiap menit per hari. 

"Jika Anda bertahan hidup, itu dapat membuat Anda rentan terhadap penyakit lain yang melemahkan dan anemia kronis. Ini adalah penyakit yang sangat menyakitkan," begitu tulisnya.

Bill mengaku, bersama istinya Melinda, pernah melihat seorang anak yang menderita kejang akibat malaria serebral di Tanzania. 

"Saya tidak akan pernah lupa menyaksikan tubuh kecilnya memilin kesakitan sementara orang tuanya menunggu untuk mengetahui apakah dia akan bertahan hidup. Saya tidak akan berharap pengalaman itu terjadi pada siapa pun," ungkapnya.

Bahkan, masih menurut Bill, jika kita tahu bahwa Anda 50.000 kali lebih mungkin terbunuh oleh nyamuk daripada hiu, naluri manusia akan menang. 

Foto seekor hiu menyerang korban yang termuat pada berita malam membangkitkan reaksi visceral karena ancamannya jelas. "Gambar korban malaria di bangsal rumah sakit tidak memicu naluri ketakutan kita dengan cara yang sama," katanya.

Oleh sebab itu Bill bertekad menyebarkan berita tentang nyamuk dan kembali menuliskan tema nyamuk ini di blog Gates Notes.
 
Pendiri Microsoft ini menutup catatan pengantarnya tentang nyamuk dengan menarik:

Selama Hollywood terus membuat film tentang hiu, saya akan terus berbicara tentang mengapa semua orang harus lebih takut pada serangga kecil daripada karnivora seberat 3.000 pon. Rahang tidak bisa dibandingkan dengan teror terbang yang merupakan nyamuk.




TERBARU

[X]
×