kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bill Gates sumbang Rp 490 triliun, tapi nilai kekayaanya tidak turun, ini rahasianya


Minggu, 24 November 2019 / 12:52 WIB
Bill Gates sumbang Rp 490 triliun, tapi nilai kekayaanya tidak turun, ini rahasianya
Tokoh bisnis Amerika Bill Gates (kanan) dan istrinya Melinda Gates menghadiri konferensi pers oleh gerakan PBB 'Every Woman, Every Child' di Manhattan, New York, AS, 24 September 2015.

Sumber: CNBC | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Pendiri Microsoft Bill Gates tercatat menyumbang US$ 35 miliar atau setara Rp 490 triliun (1US$=Rp 14.000)  tahun ini, kendati begitu tidak terlihat penurunan signifikan pada nilai kekayaan pribadinya.

Mengutip CNBC, Minggu (24/11), kekayaan Gates tercatat bertambah US$ 16 miliar atau setara Rp 224 triliun, tahun ini, meskipun pada tahun ini juga, Gates menyumbang lebih dari US$ 35 miliar kekayaannya untuk amal, menurut Bloomberg.

Baca Juga: Duh, Bill Gates dianggap ketinggalan zaman oleh anak-anaknya

Kenaikan kekayaan ini membawa kekayaan Gates menjadi US$ 106  miliar atau setara Rp 1.484 triliun, kekayaan terbesar kedua di dunia, di belakang Jeff Bezos pendiri Amazon.

"Kami tidak defensif, sebagian besar kami simpan dalam bentuk cash atau semacamnya, " kata Gates kepada Bloomberg Television, Selasa. Ia menambahkan, strategi investasinya adalah menginvestasikan lebih dari 60% kekayaannya dalam bentuk ekuitas.

Artinya bila 60% dalam bentuk ekuitas, berarti sekitar US$ 60 miliar kekayaan Gates disimpan dalam bentuk saham atau dana indeks.

Ini merupakan strategi investasi yang agresif bagi seorang yang kaya seperti Gates. Sebab bila dilihat rata-rata portofolio kantor keluarga orang Amerika Utara, 32% dari aset mereka disimpan di saham pada 2018, seperti dilaporkan Campden Wealth.

Baca Juga: Bos Amazon Jeff Bezos bukan lagi orang terkaya dunia

Biasanya, para investor mendiversifikasikan kekayaan mereka dalam bentuk aset seperti obligasi pemerintah dan real estate.

Kegiatan amal Gates dilakukan terutama melalui The Bill and Melinda Gates Foundation. Yayasan ini bekerja untuk mengatasi ketimpangan dalam kesehatan dan pendidikan di seluruh dunia, krisis iklim dan kelaparan dunia.

Organisasi ini bekerja di dalam negeri untuk memastikan bahwa semua siswa lulus dari sekolah  menengah.




TERBARU

Close [X]
×