Bisa Bikin China Marah, Senator AS Kembali Tiba di Taiwan

Jumat, 26 Agustus 2022 | 11:53 WIB Sumber: Reuters
Bisa Bikin China Marah, Senator AS Kembali Tiba di Taiwan

Senator AS Marsha Blackburn (R-TN) menghadiri pertemuan dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di kantor kepresidenan di Taipei, Taiwan dalam gambar selebaran yang dirilis 26 Agustus 2022. Kantor Kepresidenan Taiwan/Handout via REUTERS


KONTAN.CO.ID -  TAIPEI. Seorang anggota parlemen Amerika Serikat (AS) di komite Perdagangan dan Angkatan Bersenjata Senat tiba di Taiwan pada Kamis dalam kunjungan ketiga pejabat AS bulan ini, menentang tekanan dari Beijing untuk menghentikan perjalanan.

Senator Marsha Blackburn tiba di ibu kota Taiwan, Taipei, dengan menggunakan pesawat militer AS, menurut tayangan televisi langsung dari Bandara Songshan di pusat kota. Dia disambut di landasan bandara oleh Douglas Hsu, direktur jenderal kementerian luar negeri Taiwan, kata kantor Blackburn.

"Taiwan adalah mitra terkuat kami di Kawasan Indo-Pasifik. Kunjungan tingkat tinggi reguler ke Taipei adalah kebijakan lama AS," kata Blackburn dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Reuters, Jumat (26/8). 

"Saya tidak akan diganggu oleh Komunis China untuk meninggalkan pulau saya," tambahnya.

Baca Juga: Angkatan Laut China Mulai Menghapus Garis Tengah Imaginer Selat Taiwan

China, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya meluncurkan latihan militer di dekat pulau itu setelah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi berkunjung pada awal Agustus.

Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan Blackburn akan bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen selama perjalanannya, yang berakhir pada Sabtu, serta pejabat tinggi keamanan Wellington Koo dan Menteri Luar Negeri Joseph Wu.

"Kedua belah pihak akan bertukar pandangan secara luas tentang isu-isu seperti keamanan Taiwan-AS dan hubungan ekonomi dan perdagangan," tambah kementerian itu dalam sebuah pernyataan singkat.

Kantor kepresidenan Taiwan mengatakan Tsai akan bertemu Blackburn pada Jumat pagi.

Baca Juga: AS Menangguhkan 26 Penerbangan Maskapai China, Sebagai Balasan Aksi Serupa oleh China

Juru bicara Kedutaan Besar China di Washington Liu Pengyu bersumpah bahwa Beijing akan mengambil tindakan balasan tegas yang tidak ditentukan dalam menanggapi apa yang disebutnya "provokasi" AS.

"Kunjungan yang relevan sekali lagi membuktikan bahwa AS tidak ingin melihat stabilitas di Selat Taiwan dan tidak berusaha untuk membangkitkan konfrontasi antara kedua belah pihak dan mencampuri urusan dalam negeri China," kata Liu dalam sebuah pernyataan.

Blackburn, seorang Republikan dari Tennessee, sebelumnya menyuarakan dukungan untuk perjalanan Pelosi, anggota Partai Demokrat Presiden AS Joe Biden.

Kunjungan Pelosi membuat marah China, yang menanggapi dengan peluncuran uji coba rudal balistik di atas Taipei untuk pertama kalinya, dan dengan memotong beberapa jalur dialog dengan Washington.

Baca Juga: Taiwan Incar Kenaikan Anggaran Pertahanan hingga 12,9% untuk Tahun 2023

Pelosi diikuti sekitar seminggu kemudian oleh sekelompok lima anggota parlemen AS lainnya, dengan militer China menanggapi dengan melakukan lebih banyak latihan di dekat Taiwan.

Pemerintahan Biden telah berusaha untuk menjaga ketegangan antara Washington dan Beijing, yang dikobarkan oleh kunjungan tersebut, agar tidak menjadi konflik, menegaskan kembali bahwa perjalanan kongres semacam itu adalah rutinitas.

"Anggota Kongres dan pejabat terpilih telah pergi ke Taiwan selama beberapa dekade dan akan terus melakukannya, dan ini sejalan dengan kebijakan lama kami Satu China," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih dalam menanggapi pertanyaan tentang kunjungan Blackburn.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru