kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis iklan Amazon tumbuh menggila dan diprediksi akan kurangi dominasi Google


Sabtu, 26 Oktober 2019 / 05:10 WIB
Bisnis iklan Amazon tumbuh menggila dan diprediksi akan kurangi dominasi Google


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Saham raksasa teknologi Amazon terpukul besar setelah pendapatan kuartal ketiganya jatuh. Kendati begitu, ada satu titik terang di bisnis perusahaan milik Jeff Bezos ini yakni bisnis periklanan-nya yang tumbuh menggila dan tampaknya menambah kecepatan perusahaan meningkatkan kinerja.

Mengutip CNBC, Jumat (25/10), penjualan bersih Amazon, terutama di sektor iklan sebesar US$ 3,59 miliar pada kuartal III atau naik US$ 2,50 miliar dibandingkan kuartal III 2018.

Baca Juga: Selisih kekayaan Jeff Bezos dan Bill Gates kian menipis

Pendapatan ini meningkat 45% year on year. Hal itu belum termasuk US$ 500 juta keuntungan akibat dampak perubahan nilai tukar asing pada kuartal tersebut.

Pendapatan iklan Amazon ini juga lebih tinggi dibandingkan kuartal pertama dan kedua tahun ini. Dimana Amazon mencatat pertumbuhannya year on year masing-masing sebesar 36% dan 37%.

Sektor iklan Amazon memang terbilang tangguh di dunia iklan digital. Kehadiran Amazon di bisnis iklan digital mengurangi dominasi Google di tahun-tahun mendatang menurut perkiraan eMarketer terbaru.

Baca Juga: MacKenzie, mantan istri Jeff Bezos menjadi orang terkaya ke-15 di daftar Forbes 400

Baru-baru ini juga di sebuah acara yang diadakan AdCon menampilkan daftar produk iklan Amazon yang berkembang pesat, menarik sekitar 400 orang di Seattle. 

CFO Amazon Brian Olsavsky mengatakan bahwa elemen terbesar dalam kategori lainnya di pendapatan perusahaan adalah periklanan yang tumbuh tinggi lebih 45%. Ia mengatakan, Amazon fokus pada pengalaman beriklan dan membantu bisnis menemukan, menarik dan melibatkan pelanggan.

"Ini semakin populer di kalangan vendor, penjual dan pengiklan pihak ketiga," tuturnya.

Baca Juga: Mengintip portofolio investasi Jeff Bezos, orang terkaya dunia

Ia menjelaskan, Amazon memanfaatkan mesin pencari untuk mendapatkan iklan yang relevan.

"Ini masih dini, dan apa yang benar-benar kami fokuskan pada titik ini adalah relevansi, memastikan baha iklan itu relevan dengan pelanggan kami, membantu pelanggan kami," kata Olsavsky.

Amazon juga menambahkan lebih banyak pasokan iklan video terhadap produk-produk Fire TV-nya.

Baca Juga: Jeff Bezos dan Elon Musk balapan membawa internet ke tempat terpencil di bumi

Direktur Investor Relations Amazon Dave Fildes menambahkan bahwa mereka fokus memperluas penawaran vidoe dan over the top untuk merek.

Ia menjelaskan, apa yang dilakukan saat ini masih tahap awal. Ia menjelaskan mereka telah melakukan beberapa hal dengan IMDb TV, siaran langsung, olahraga, hal-hal seperti menambah lebih banyak inventaris melalui aplikasi Fire TV.




TERBARU

[X]
×