kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bisnis mainan yang mengantar pria Hong Kong jadi miliarder dunia (1)


Kamis, 15 Agustus 2019 / 13:30 WIB
Bisnis mainan yang mengantar pria Hong Kong jadi miliarder dunia (1)
ILUSTRASI. DIALOG - Francis Choi Chee-ming

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tri Adi

Francis Choi Chee-ming ulet menggeluti bisnis mainan dari nol. Bisnisnya kini semakin berkembang. Mainan bikinannya sudah tersebar di seluruh dunia. Perusahaan Amerika Serikat pun menggandeng Early Light milik Choi untuk bekerja sama. Hasilnya, Choi kini menjadi miliarder dunia dan bisa memiliki kekayaan hingga US$ 6,7 miliar. Perusahaan Choi kini bisa memperkerjakan 70.000 orang di seluruh dunia. Bisnisnya semakin meluas ke bidang investasi dan properti.  

Keputusan Francis Choi Chee-ming membangun bisnis mainan kini berbuah manis. Berkat tekad dan kesungguhan membangun bisnis ini dari nol, menjadi pembuka jalan bagi pria asal China ini menjadi perusahaan mainan tersohor di Hong Kong di bawah bendera Early Light International (Holdings) Ltd.

Early Light merupakan produsen mainan terbesar di dunia. Mereka sering dijuluki sebagai kerajaan mainan. Dari perusahaan inilah menjadikan Choi masuk dalam jajaran miliarder dunia dengan total kekayaan sebesar US$ 6,7 miliar.

Dengan kekayaannya itu, Choi masuk daftar Forbes sebagai orang terkaya ke-233 di dunia, dan peringkat ke-10 di Hong Kong. Padahal 47 tahun silam dia bukan siapa-siapa. Choi hanya pengusaha yang tengah membangun bisnis mainannya dari nol. Ia menghabiskan waktu berjam-jam mengajarkan para ibu rumah tangga membuat mainan.

Ini bukan pekerjaan mudah. Choi harus mengajarkan pegawainya itu bagaimana merakit mainan secara benar, kemudian mengumpulkan hasilnya pada hari yang sama dan membayar mereka dengan setengah harga.

Berkat kegigihannya, dalam lima tahun bisnisnya telah berkembang pesat dan memiliki 300 karyawan. Dia memulai bekerja sama dengan perusahaan mainan raksasa asal Amerika Serikat, Mattel Inc selama beberapa dekade pertamanya dalam bisnis. Tidak lama kemudian, perusahaannya memproduksi barang dagangan Snoopy untuk perusahaan Mattel.




TERBARU

Close [X]
×