kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bitcoin US$ 500.000 untuk membayar vila di Bali


Sabtu, 22 Maret 2014 / 04:04 WIB
Bitcoin US$ 500.000 untuk membayar vila di Bali
ILUSTRASI. Laba bersih Astra International (ASII) melesat 55,84% menjadi Rp 23,33 triliun pada sembilan bulan pertama tahun ini.


Sumber: Wall Street Journal | Editor: Sandy Baskoro

DENPASAR. Kasus Mt Gox belakangan ini meredupkan pamor bitcoin. Tapi diam-diam, mata uang kripto ini masih tetap eksis di pasar. Kabar terbaru, seseorang yang tidak diketahui identitasnya telah membeli sebuah vila mewah di wilayah Seminyak, Bali, dengan menggunakan bitcoin.

Sebuah vila baru yang berlokasi di pantai selatan Bali baru saja berpindah tangan. Seseorang membelinya dengan menukarkan lebih dari 800 bitcoin yang setara dengan US$ 500.000 melalui pasar BitPremier. Jika dikonversi ke mata uang rupiah, nilai transaksi jual beli vila tersebut mencapai Rp 5 miliar. Pembelian ini merupakan nilai transaksi riil tertinggi dalam sejarah bitcoin.

Informasi tersebut pertama kali dilaporkan situs berita mata uang virtual CoinDesk, yang mengutip pernyataan Chief Executive Officer (CEO) BitPremier, Alan Silbert, bursa barang-barang mewah yang hanya bisa dibeli melalui bitcoin.

Meski tidak mau membocorkan harga yang tepat maupun identitas pembeli properti di DeLMango Villa Estate, Silbert menginformasikan bahwa proses penjualan dirampungkan pada 19 Februari tahun ini dengan nilai setara lebih dari setengah juta dollar Amerika Serikat. Tak diketahui jumlah persis bitcoin dalam transaksi itu. Yang pasti, pembeli dan penjual mencapai kesepakatan pada nilai tukar bitcoin, yang saat penjualan sekitar US$ 610 per koin.

Villa Bali merupakan penjualan real-estate pertama bagi BitPremier. Hal ini juga merupakan penjualan terbesar mereka. "Dengan margin besar, sejak perusahaan memulai bursa bitcoin pada Mei tahun lalu," kata Silbert.

Ronny Tome, penjual vila tersebut menuturkan bahwa transaksi melalui bitcoin relatif cepat dan mudah, meski awalnya pembeli mentransfer satu bitcoin ke dompet digital, untuk ujicoba. Komunitas bitcoin memuji kecepatan transaksi mata uang itu kripto itu ketimbang bertransaksi di perbankan tradisional.

Vila di Seminyak dilengkapi taman dan kolam renang pribadi. Vila yang baru saja terjual adalah satu dari 12 unit di kompleks yang akan selesai pada Juni tahun ini.

Selain vila, item lain yang dijual di BitPremier antara lain Ford Mustang tahun 1968 setara 131 bitcoin dan lukisan aktor Jack Nicholson untuk 20 bitcoin.




TERBARU

[X]
×