kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Brexit jadi risiko terbesar vaksin Covid-19 Pfizer, kok bisa?


Jumat, 13 November 2020 / 06:10 WIB
Brexit jadi risiko terbesar vaksin Covid-19 Pfizer, kok bisa?
ILUSTRASI. menghindari gangguan perbatasan Brexit akan menjadi "langkah penting" untuk memastikan vaksin Pfizer tersedia bagi jutaan orang. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - LONDON. Sky News memberitakan, bos perusahaan Inggris yang memasok bahan penting vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19 telah memperingatkan bahwa menghindari gangguan perbatasan Brexit akan menjadi "langkah penting" untuk memastikan vaksin itu tersedia bagi jutaan orang.

Croda International yang berbasis di Yorkshire telah memberikan elemen kimia utama dari vaksin kepada Pfizer dalam tahap uji coba, dan telah memenangkan kontrak lima tahun yang akan mengantarkan bahan-bahan untuk 1,3 miliar dosis tahun depan saja, senilai sekitar 75 juta poundsterling.

Mendistribusikan dosis merupakan tantangan besar dan, Brexit dengan kesepakatan atau tanpa kesepakatan, Inggris akan memiliki kontrol bea cukai baru mulai 1 Januari.

Dengan peringatan pemerintah tentang penundaan perbatasan hingga 48 jam, kepala eksekutif Croda Steve Foots mengatakan kepada Sky News bahwa Brexit menimbulkan risiko besar atas kesediaan vaksin Pfizer.

Baca Juga: Ilmuwan sebut Covid-19 bukan lagi pandemi, melainkan sindemi

"Kekhawatiran tentu saja, hal terakhir yang kami butuhkan, adalah masalah dengan kurangnya kesepakatan, dan ada gesekan di perbatasan, dan saya yakin pemerintah Inggris sangat menyadari hal ini," katanya.

Dia menambahkan, "Kita harus memastikan bahwa vaksin tidak memiliki masalah untuk masuk ke Inggris, ke dalam rantai pasokan, atau bahkan masalah praktis teknologi refrigeran dan yang lainnya. Bisa jadi produk yang dibutuhkan untuk Inggris yang bersumber dari luar negeri. Jadi memastikan bahwa kami bebas dari gesekan di perbatasan adalah langkah penting untuk vaksin."

Peringatan itu datang 50 hari sebelum periode transisi Brexit berakhir dan dengan negosiasi yang berlanjut di bidang-bidang utama untuk membuka kunci kesepakatan perdagangan.

Baca Juga: Capai 92%, efektivitas vaksin Sputnik V asal Rusia terhadap virus corona




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×