kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,25   -8,11   -0.87%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CCDC desak Trump kecualikan perusahaan China dari pasar keuangan AS, kenapa?


Sabtu, 13 Juni 2020 / 07:02 WIB
CCDC desak Trump kecualikan perusahaan China dari pasar keuangan AS, kenapa?
ILUSTRASI. Warga?berjalan di bawah bendera Amerika Serikat di Pantai Pulau Coney saat wabah virus corona (COVID-19), di Brooklyn, New York, Amerika Serikat, Minggu (19/4/2020). REUTERS/Andrew Kelly


Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Kelompok advokasi anti-China termasuk mantan penasihat Gedung Putih Steve Bannon menyerukan Pemerintahan Donald Trump untuk mengecualikan perusahaan China dari pasar keuangan Amerika Serikat (AS), ketika Washington mempelajari cara-cara baru untuk menindak Beijing.

Melansir Reuters, dalam surat tertanggal 11 Juni 2020, Committee on the Present Danger: China (CCDC) mendesak Menteri Keuangan Steven Mnuchin untuk mengambil langkah sehubungan laporan Senat baru-baru ini yang menemukan kurangnya pengawasan terhadap perusahaan telekomunikasi milik negara China yang beroperasi di AS.

Desakan itu juga datang setelah Presiden Trump menugaskan kelompok kerja di pasar keuangan, yang mencakup Mnuchin, untuk mempelajari perusahaan-perusahaan China yang terdaftar di AS, dengan tujuan untuk melindungi investor AS. 

Baca Juga: Bisa picu perang, China kutuk aksi provokatif militer AS di atas Taiwan

Cengkeraman China di Washington telah menimbulkan kekhawatiran investor AS di perusahaan Tiongkok rentan terhadap risiko yang tidak terduga. Sebab, mereka tidak tunduk pada aturan audit dan pengungkapan yang sama dengan perusahaan negeri uak Sam.

Surat CCDC, yang keanggotaannya juga termasuk manajer dana lindung nilai Kyle Bass, mencatat, perusahaan-perusahaan China yang tertera dalam laporan Senat-China Telecom Americas, China Unicom Americas, dan ComNet, serta China Mobile, yang digulingkan dari pasar konsumen AS tahun lalu-telah memanfaatkan pasar modal AS untuk membantu menjamin "aktivitas jahat" mereka.

CCDC mendesak kelompok kerja Mnuchin untuk menemukan, "perusahaan-perusahaan China mungkin tidak terdaftar atau diperdagangkan di bursa ekuitas dan utang AS, kecuali jika mereka mematuhi semua undang-undang AS yang relevan, standar akuntansi, dan peraturan sektor keuangan lainnya."

Baca Juga: China marah besar lihat Menlu AS, Presiden Taiwan dan aktivis Hong Kong duduk bareng

Perusahaan-perusahaan dalam laporan Senat itu juga Departemen Keuangan AS tidak menanggapi permintaan komentar dari Reuters. Tetapi, seorang pejabat Departemen Keuangan AS yang menolak disebutkan namanya mengakui surat itu telah mereka terima.

Surat itu datang di tengah peningkatan tekanan terhadap perusahaan telekomunikasi China yang beroperasi di AS. Pada April lalu, Departemen Kehakiman AS dan agen-agen federal lainnya meminta Komisi Komunikasi Federal untuk mencabut otorisasi China Telecom (Americas) Corp untuk menyediakan layanan telekomunikasi internasional ke dan dari Amerika Serikat.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×