kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,44   -19,05   -2.06%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cegah Penyalahgunaan Dana, Joe Biden Bakal Batasi Subsidi Manufaktor Semikonduktor


Minggu, 31 Juli 2022 / 20:54 WIB
Cegah Penyalahgunaan Dana, Joe Biden Bakal Batasi Subsidi Manufaktor Semikonduktor
ILUSTRASI. Presiden AS Joe Biden


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Departemen Perdagangan Amerika Serikat (AS) akan membatasi jumlah subsidi pemerintah untuk manufaktur semikonduktor. Pemerintah Joe Biden juga tidak akan membiarkan perusahaan menggunakan dana itu guna mengisi keuntungan.

Mengutip Reuters pada Minggu (31/7), sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat AS memberikan persetujuan akhir untuk undang-undang yang menyediakan dana pemerintah senilai US$ 52 miliar untuk meningkatkan manufaktur dan penelitian semikonduktor. Presiden Joe Biden diperkirakan akan menandatangani undang-undang tersebut awal pekan depan.

Departemen Perdagangan Jumat (29/7), mengatakan penghargaan perusahaan chip akan tidak lebih besar dari yang diperlukan untuk memastikan proyek itu terwujud di AS. Langkah ini juga sebagai upaya mencegah kompetisi subsidi yang berlomba-lomba antara negara bagian.

Ketua Congressional Progressive Caucus Pramila Jayapal mengatakan, kelompok itu mendukung undang-undang tersebut setelah negosiasi panjang dengan Menteri Perdagangan Gina Raimondo. Ini tercapai setelah kelompok itu menyatakan kekhawatirannya bahwa perusahaan pembuat chip akan menggunakan dana untuk pembelian kembali saham atau membayar dividen.

Seorang juru bicara Congressional Progressive Caucus mengatakan pada Jumat lalu progresif dapat memilih RUU kemarin. Mereka yakin bahwa departemen akan memastikan dana tidak dapat digunakan untuk pengayaan diri perusahaan.

Baca Juga: Presiden AS Joe Biden Kembali Positif Covid-19

Departemen Perdagangan mengatakan, pelamar harus memberikan informasi keuangan terperinci dan proyeksi untuk proyek yang diusulkan dan rencana investasi modal.

“Selain itu, Departemen akan membahas ini dengan sisir gigi halus dan memastikan bahwa perusahaan tidak mengisi model mereka untuk meminta insentif yang terlalu besar,” kata seorang juru bicara Departemen Perdagangan menolak berkomentar di luar posting web.

Departemen berjanji untuk memberikan preferensi dalam penghargaan kepada perusahaan yang berkomitmen untuk melakukan investasi masa depan yang menumbuhkan industri semikonduktor domestik dan tidak terlibat dalam pembelian kembali saham.

Undang-undang tidak melarang pembelian kembali saham oleh perusahaan yang menerima dana pemerintah tetapi melarang penggunaan dana hibah untuk pembelian kembali.

Perusahaan yang memenangkan pendanaan akan dilarang selama 10 tahun untuk terlibat dalam transaksi signifikan di China atau negara lain yang menjadi perhatian melibatkan kapasitas manufaktur semikonduktor terdepan atau ekspansi material dari kapasitas manufaktur semikonduktor warisan yang dirancang untuk diekspor ke AS dan negara lain.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×