Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Penyebaran virus corona 2019 semakin meluas ke berbagai penjuru dunia. World Health Organization (WHO) menyarankan untuk menghindari tempat keramaian.
Melihat hal ini, perbankan di Amerika Serikat mulai mendorong para nasabah menggunakan layanan bank online maupun mobile banking. Bank pun tengah berupaya meningkatkan kemampuan layanan digital tersebut guna menghindari kerumunan di tempat umum di tengah wabah Covid-19 seperti pemberitaan Reuters pada Jumat (13/3).
Baca Juga: Walikota New York deklarasikan keadaan darurat, perangi COVID-19
"Kami sangat mendorong Anda untuk menggunakan produk digital Capital One untuk melakukan layanan mandiri maupun akses akun selama 24 jam dalam 7 hari" tulis Captial One Financial Corp kepada pelanggan lewat email. Tak hanya itu, salah satu bank di AS itu juga menyatakan akan selalu menyediakan perwakilan atau costumer service.
Bank ritel besar AS lainnya seperti JPMorgan Chase & Co dan Citigroup telah mengirimkan pengingat serupa kepada pelanggan tentang kemampuan perbankan digital mereka bulan ini.
"Kami ingin memastikan nasabah bahwa mereka dapat melakukan kegiatan perbankan, berinvestasi, dan melakukan pembayaran dari mana pun mereka berada. Terutama jika mereka tidak dapat datang ke cabang," kata juru bicara Chase dalam sebuah pernyataan.
Baca Juga: Baru bertemu Ivanka Trump, Menteri Dalam Negeri Australia positif terjangkit corona
Ketakutan yang meningkat tentang coronavirus yang cepat menyebar telah mendorong banyak orang Amerika untuk bekerja dari rumah dan menghindari ruang publik karena pejabat lokal mendorong jarak sosial. Pandemi juga telah mendorong banyak pertemuan perusahaan ke pengaturan virtual untuk mengurangi kontak manusia.
Hingga Kamis, ada lebih dari 126.000 kasus coronavirus secara global dan lebih dari 4.600 orang telah diedit, menurut penghitungan Reuters.
Wells Fargo & Co. untuk sementara waktu harus menutup salah satu cabangnya di Seattle minggu ini setelah seorang karyawan dinyatakan positif terkena virus. Bank telah melakukan pembersihan di lokasi tersebut.
Juga menyarankan nasabah untuk mengunjungi cabang lain di daerah itu. Maupun menggunakan telepon atau produk perbankan digital untuk mengelola kebutuhan keuangan mereka.
Baca Juga: Pejabat China tuduh militer AS sebagai pembawa virus corona ke Wuhan
Pengingat juga dimaksudkan untuk memudahkan volume panggilan di call center karena semakin banyak orang yang berusaha menangani kebutuhan perbankan mereka dari jarak jauh.
"Waktu tunggu panggilan mungkin lebih lama dari biasanya," kata Capital One dalam email.