kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,78   7,18   0.80%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China Tak Bisa Dipercaya untuk Menengahi Perdamaian Rusia-Ukraina karena Ancam Taiwan


Rabu, 02 Agustus 2023 / 08:08 WIB
China Tak Bisa Dipercaya untuk Menengahi Perdamaian Rusia-Ukraina karena Ancam Taiwan
ILUSTRASI. Taiwan memperingatkan, China tidak dapat dipercaya untuk menengahi perdamaian antara Rusia dan Ukraina. REUTERS/Dado Ruvic


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

PERDAMAIAN RUSIA-UKRAINA - Menteri Luar Negeri Taiwan memperingatkan, China tidak dapat dipercaya untuk menengahi perdamaian antara Rusia dan Ukraina karena pada saat yang sama mengancam untuk menginvasi Taiwan.

“Di satu sisi, China telah mengancam Taiwan; di sisi lain, mereka berbicara tentang perdamaian di Ukraina,” kata Joseph Wu, menteri luar negeri Taiwan, kepada The Telegraph.

Dia menambahkan, “Standar ganda semacam ini yang dilakukan oleh Tiongkok akan membuat Tiongkok tidak dapat diandalkan sebagai negosiator perdamaian di Ukraina.”

Pernyataan Wu dirilis setelah Presiden Rusia Vladimir Putin, mengatakan pada hari Sabtu bahwa ia akan mempertimbangkan proposal perdamaian China dan Afrika untuk mengakhiri perang.

Pada tahun ini, Beijing meningkatkan kampanye militernya untuk mengintimidasi Taiwan, sebuah negara kepulauan dengan pemerintahan yang dipilih secara demokratis yang diklaim China sebagai miliknya.

Pesawat tempur dan kapal perang sekarang melintasi garis median antara China dan Taiwan – perbatasan air tidak resmi – atau memasuki zona identifikasi pertahanan udaranya hampir setiap hari.

Baca Juga: Tegang dengan AS, China Balas dengan Batasi Ekspor Peralatan Drone

Taiwan telah mengambil pelajaran dari pertarungan gesit militer Ukraina melawan musuh yang jauh lebih besar. Sebagai bagian dari reformasi pertahanan yang lebih luas, Taipei telah meningkatkan wajib militer pria dari empat bulan menjadi satu tahun sejak awal tahun 2024.

Pemerintah sedang mendiskusikan berbagai strategi pertahanannya, termasuk apa yang disebut prinsip “landak” – untuk memastikan Taiwan dapat melindungi dirinya sendiri cukup lama sampai bala bantuan tiba.

Tetapi tidak ada jaminan bahwa militer lain akan menawarkan dukungan tempur untuk Taiwan – meskipun beberapa negara, seperti Amerika Serikat, telah mengisyaratkan hal itu.

“Pertahanan Taiwan adalah tanggung jawab kita sendiri,” kata Wu.

Baca Juga: Rusia: Perang Ukraina Bisa Memburuk Selama Masa Pemilu AS Tahun 2024

“Kami tidak meminta Inggris atau negara lain untuk berjuang demi Taiwan. Faktanya, kami telah melakukan lebih banyak investasi dan melatih tentara kami dengan lebih baik sehingga kami lebih mampu membela diri. Ini adalah komitmen kami terhadap keamanan kami sendiri,” tambahnya.




TERBARU

[X]
×