kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Clinton: Kekalahan ini sangat menyakitkan


Kamis, 10 November 2016 / 08:16 WIB
Clinton: Kekalahan ini sangat menyakitkan


Sumber: CNBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

NEW YORK. Hillary Clinton akhirnya menyampaikan pidato pertamanya setelah perhitungan cepat pemilihan presiden AS menunjukkan kekalahannya atas Donald Trump pada Rabu (9/11).

Dalam pidatonya, Clinton mengucapkan selamat atas terpilihnya Trump yang mengejutkan dan mengatakan kepada pendukungnya mereka berhutang 'pikiran terbuka' kepada presiden terpilih.

"Saya berharap dia akan menjadi presiden yang sukses bagi seluruh warga Amerika. Ini bukan hasil yang kita inginkan dan kita sudah bekerja dengan sangat keras. Saya minta maaf kita tidak memenangkan pemilihan kali ini, untuk semua hal yang kita bagi dan visi yang kita miliki untuk bangsa kita. Namun, saya merasa bangga dan berterima kasih atas kampanye yang indah ini," ucap Clinton dengan suara yang bergetar di kota New York.

Clinton mengakui, kekalahan ini sangat menyakitkan dan akan terasa untuk jangka waktu yang cukup panjang. Setelah gagal menjadi presiden wanita AS pertama, Clinton mengatakan dirinya sangat bangga dengan apa yang telah mereka capai.

Pernyataan ini merupakan kali pertama sejak dia mengakui kekalahannya kepada Trump dalam telepon pribadi pada Rabu pagi. Clinton juga tidak muncul di acara kumpul bersama pada malam pemilu di Javits Center di Manhattan.

Kemenangan Trump yang menghebohkan dipicu oleh ketatnya hasil perhitungan suara di sejumlah negara bagian seperti Florida, North Carolina, Ohio, dan Pennsylvania.

Selain itu, Clinton juga memuji sang suami, mantan presiden Bill Clinton, anaknya Chelsea, dan calon wapres Senator Tim Kaine dari Virginia. Dia mengimbau kepada para pendukungnya untuk mendukung transfer kepemimpinan dengan damai.

"Kita sudah melihat bangsa kita sudah terpecah belah. Namun saya masih meyakini Amerika dan selalu yakin. Jika Anda juga demikian, maka kita harus menerima hasil ini dan memandang masa depan. Kita berhutang padanya (Trump) pikiran terbuka dan kesempatan untuk memimpin," kata Clinton.

Sebelumnya, Trump mengatakan dia sudah menerima telepon dari Clinton tak lama sebelum dia menyampaikan pidato kemenangan pada Rabu dini hari di Manhattan.

"Dia (Clinton) memberikan ucapan selamat kepada kita, semua tentang kita, atas kemenangan kita. Dan saya mengucapkan selamat kepadanya dan keluarganya atas pertarungan kampanye yang benar-benar hebat," kata Trump.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×