kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Credit Suisse Dikabarkan Bakal Rights Issue untuk Tambahan Modal US$ 4 Miliar


Senin, 31 Oktober 2022 / 14:08 WIB
Credit Suisse Dikabarkan Bakal Rights Issue untuk Tambahan Modal US$ 4 Miliar
ILUSTRASI. Credit Suisse Group tengah membuat sindikasi dengan 20 bank untuk bergabung untuk penerbitan saham baru senilai US$ 4 miliar. REUTERS/Arnd Wiegmann


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SWISS. Guna memperkuat permodalan, Credit Suisse Group tengah membuat sindikasi dengan 20 bank untuk bergabung untuk penerbitan saham baru senilai US$ 4 miliar. Dana ini juga akan digunakan untuk membantu bank asal Swiss ini untuk membiayai program restrukturisasi multi-tahun lainnya, mengutip Bloomberg pada Senin (31/10). 

Chief Financial Officer Credit Suisse Dixit Joshi menyatakan telah mengadakan uji tuntas (due diligence) untuk peningkatan moda dengan sekelompok bankir yang tergabung dalam forum FIG dan ECM. Langkah pencarian tambahan modal ini dijuluki sebagai proyek Ghana, menurut orang-orang yang mengetahui hal ini. 

Adapun bank yang sudah didekati meliputi Morgan Stanley, Royal Bank of Canada, Deutsche Bank AG dan Societe Generale SA. Credit Suisse terus mengundang daftar panjang pemberi pinjaman lainnya untuk membantu penjaminan emisi saham yang baru diterbitkan.

Baca Juga: Credit Suisse AS Digugat Investor, Dituduh Mencurangi Pasar Forex 2007-2013

Lalu ada, Goldman Sachs Group Inc., Citigroup Inc., Wells Fargo & Co., JPMorgan Chase & Co., BNP Paribas SA, Natixis, Credit Agricole, Barclays, Banco Santander, ABN AMRO, ING Grop NV & Commerzbank, Sumitomo, Mediobanca, Intesa Sanpaolo, UniCredit Bank of America, BMO, BBVA, HSBC dan Scotiabank.

“Semuanya sedang dipersiapkan untuk bergabung dengan konsorsium,” menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

Semua pemberi pinjaman menolak untuk mengomentari rincian panggilan dan keterlibatan mereka dalam peningkatan modal atau tidak segera menanggapi permintaan komentar. Credit Suisse menolak berkomentar. MS, RBC, Deutsche Bank dan SocGen dinyatakan sebagai bank utama pada hari Kamis.

Beberapa pemberi pinjaman mungkin memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam rights issue ini meskipun sepenuhnya ditanggung, kata orang-orang ini. 

Namun, Bank Nasional Saudi telah berkomitmen untuk membayar sepertiga dari tawaran itu, menjadi pemegang saham utama di bank.

Credit Suisse, yang saat ini memiliki kapitalisasi pasar yang hampir sama dengan saingan lintas kota yang lebih kecil Julius Baer Group Ltd., pada hari Kamis mengumumkan program restrukturisasi radikal yang pada dasarnya berarti penarikan besar-besaran dari perbankan investasi untuk pemberi pinjaman nomor dua Swiss. 

Meski pengumuman tersebut berisi perubahan strategis besar, hal itu mengecewakan investor yang khawatir dengan risiko kinerja restrukturisasi serta penurunan keuntungan dalam pengelolaan kekayaan dan aset bisnis inti bank. 
Saham bank jatuh lebih jauh, jatuh di bawah 4 franc ke posisi terendah sepanjang masa, memberikan nilai pasar 10,4 miliar franc.

Baca Juga: Credit Suisse Jual 30% Saham ke Manajemen Energy Infrastructure Partners

Jumlah bank cukup tinggi untuk penambahan modal dengan ukuran yang relatif kecil. Berpartisipasi dalam masalah hak bank secara luas dilihat sebagai mandat yang menguntungkan bagi bank investasi karena mereka berusaha untuk naik ke tabel liga. 

Ini juga merupakan alat yang digunakan untuk mengelola hubungan lembaga keuangan untuk saling mengamanatkan untuk inisiatif strategis seperti kesepakatan atau masalah hak.

Lembaga keuangan saling berhubungan dan bekerja sama setiap hari, mulai dari pinjaman antar bank hingga pengelolaan kas hingga penerbitan obligasi dan layanan kustodian. Risiko mendaftar untuk meningkatkan modal adalah jatuhnya harga saham perusahaan. Jika penjamin emisi tidak berhasil menjual saham, mereka akan berakhir di pembukuan mereka.




TERBARU

[X]
×