kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daihatsu Motor telah produksi 30 juta unit kendaraan per September 2020 di Jepang


Kamis, 05 November 2020 / 07:16 WIB
Daihatsu Motor telah produksi 30 juta unit kendaraan per September 2020 di Jepang
ILUSTRASI. Logo Daihatsu


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - DAIHATSU Motor Co.,Ltd telah memproduksi sebanyak 30 juta unit kendaraan di Jepang. Angka tersebut dihitung dengan mengakumulasi total jumlah kendaraan dengan merek Daihatsu yang diproduksi di Jepang hingga September 2020, termasuk di antaranya unit kendaraan yang diproduksi untuk diekspor baik dalam bentuk CBU (Completely Built Up) dan CKD (Completely Knock Down).

Dalam keterangan persnya, Rabu (4/11), pencapaian ini diraih setelah Daihatsu melalui proses perjalanan yang panjang. Sedikit kilas balik, Daihatsu pertama kali didirikan pada tahun 1907 dengan nama Hatsudoki Seizo Co., Ltd di Jepang.

Kala itu, Daihatsu memproduksi mesin domestik dengan pembakaran internal sebagai bentuk kerja sama antara dunia industri dengan akademisi.

Bisnis manufaktur kendaraan Daihatsu baru dimulai pertama kali pada tahun 1931. Saat itu, Daihatsu  meluncurkan kendaraan roda tiga berkapasitas 500 cc.

Baca Juga: Daftar diskon harga mobil murah Brio, Wagon R, Ayla, Sigra dll, ada yang Rp 20 juta

Pada era  setelah Perang Dunia II,  Daihatsu kembali meluncurkan kendaraan roda tiga dengan jenis truk mini pada 1957, yaitu Daihatsu Midget.

Kehadiran kendaraan yang familiar dengan sebutan ‘Bemo’ di kalangan masyarakat Indonesia tersebut mendapat penerimaan yang positif dari masyarakat.  Bahkan, Daihatsu Midget juga sempat menjadi kendaraan operasional resmi pada acara Asian Games ke-4 pada 1962 yang berlangsung di Indonesia.

Gebrakan Daihatsu di dunia otomotif terus berlanjut. Pada tahun 1958, Daihatsu meluncurkan kendaraan roda empat pertamanya dengan jenis truk kompak, yakni Daihatsu Vesta. Tidak berselang lama, Daihatsu meluncurkan kendaraan dengan tujuan komersial, yakni Hijet pada tahun 1960.

Menyusul, Daihatsu juga meluncurkan Charade sebagai kendaraan berpenumpang roda empat yang kompak pada 1977, dan Daihatsu Mira sebagai kendaraan penumpang mini yang diluncurkan pada 1980.

Inovasi Daihatsu terus berlanjut. Sejak tahun 2019, Daihatsu telah meluncurkan berbagai produk barunya yang menerapkan platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

Saat ini, Daihatsu fokus untuk dapat menyediakan mobil kecil yang dapat memenuhi beragam kebutuhan pelanggan dengan harga terjangkau. Hal ini dilakukan dengan menerapkan  konsep SSC (Simple, Slim, Compact). Kegiatan produksi Daihatsu Motor Co.,Ltd dilakukan di Shiga (Ryuo) Plant, Kyoto Plant, Ikeda Plant, dan Oita (Nakatsu) Plant.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×