kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,96   1,15   0.15%
  • EMAS930.000 0,22%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Dampak wabah virus corona, YouTube akan mengurangi kualitas streaming di Uni Eropa


Jumat, 20 Maret 2020 / 15:20 WIB
Dampak wabah virus corona, YouTube akan mengurangi kualitas streaming di Uni Eropa
ILUSTRASI. YouTube akan mengurangi kualitas streaming di Uni Eropa. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo

Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - BRUSSELS. YouTube mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka akan mengurangi kualitas streaming di Uni Eropa untuk mencegah kemacetan internet karena ribuan orang Eropa beralih bekerja dari rumah akibat wabah virus corona.

YouTube adalah perusahaan kedua setelah Netflix yang bertindak setelah kepala industri Uni Eropa Thierry Breton mendesak platform streaming untuk memotong kualitas video mereka untuk mencegah overload pengguna internet. Akun video merupakan bagian penting dari data lalu lintas internet.

Baca Juga: Indonesia raises crisis protocol status, warns risk of no GDP growth

Langkah itu dilakukan setelah Breton berbicara dengan CEO Alphabet Sundar Pichai dan CEO YouTube Susan Wojcicki. Perusahaan mengatakan sejauh ini hanya melihat beberapa puncak penggunaan tetapi memutuskan untuk bertindak untuk meminimalkan tekanan pada sistem.

"Kami membuat komitmen untuk sementara waktu mengalihkan semua lalu lintas di UE ke definisi standar secara default," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan dikutip dari Reuters.

Seorang juru bicara mengatakan keputusan itu termasuk di Inggris yang pada awalnya akan berlangsung selama 30 hari, namun akan ditinjau. Video definisi standar tidak sedetail atau setajam video definisi tinggi. "Saya sangat menyambut inisiatif yang telah diambil Google untuk menjaga kelancaran fungsi internet selama krisis COVID19," kata Breton dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Gara-gara corona, separuh perusahaan ritel China terancam kolaps dalam enam bulan

Penyedia telekomunikasi Eropa, dari Vodafone ke Deutsche Telekom, telah melaporkan lonjakan lalu lintas data dalam beberapa hari terakhir. Breton ingin internet dapat mengatasi layanan penting seperti perawatan kesehatan dan pembelajaran online oleh ribuan anak-anak di rumah selama wabah virus crona.

Netflix pada hari Kamis mengatakan akan mengurangi bit rate, yang menentukan kualitas dan ukuran file audio dan video, di semua alirannya di Eropa selama 30 hari, yang pada dasarnya memotong lalu lintasnya di jaringan Eropa sekitar 25%.




TERBARU

[X]
×