kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.444.000   1.000   0,07%
  • USD/IDR 15.340   65,00   0,42%
  • IDX 7.832   19,65   0,25%
  • KOMPAS100 1.193   8,54   0,72%
  • LQ45 967   7,57   0,79%
  • ISSI 228   1,17   0,52%
  • IDX30 493   4,42   0,90%
  • IDXHIDIV20 594   3,60   0,61%
  • IDX80 136   1,13   0,84%
  • IDXV30 139   0,76   0,55%
  • IDXQ30 165   1,38   0,84%

Debat Perdana Pilpres AS: Kamala Harris Mendominasi, Donald Trump Lebih Meyakinkan


Rabu, 11 September 2024 / 14:11 WIB
Debat Perdana Pilpres AS: Kamala Harris Mendominasi, Donald Trump Lebih Meyakinkan
ILUSTRASI. Debat perdana calon presiden Amerika Serikat (AS) sudah digelar. Kamala Harris secara luas dianggap mendominasi debat presiden Selasa (11/9) melawan mantan presiden dari Partai Republik Donald Trump.


Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Debat perdana calon presiden Amerika Serikat (AS) sudah digelar. Kamala Harris secara luas dianggap mendominasi debat presiden Selasa (11/9) melawan mantan presiden dari Partai Republik Donald Trump.

Namun, sekelompok pemilih yang belum menentukan pilihan tetap tidak yakin bahwa Harris, wakil presiden dari Partai Demokrat itu adalah kandidat yang lebih baik.

Reuters mewawancarai 10 orang yang masih belum yakin bagaimana mereka akan memberikan suara dalam pemilihan umum 5 November sebelum mereka menonton debat tersebut.

Enam orang mengatakan setelah itu mereka sekarang akan memilih Trump atau cenderung mendukungnya. Tiga orang mengatakan mereka sekarang akan mendukung Harris dan satu orang masih tidak yakin bagaimana dia akan memberikan suara.

Harris dan Trump bersaing ketat dan pemilihan umum kemungkinan akan diputuskan hanya dengan puluhan ribu suara di beberapa negara bagian medan pertempuran. Banyak di antaranya adalah pemilih yang belum menentukan pilihan seperti pemilih yang belum menentukan pilihan yang berbicara kepada Reuters.

Meskipun ukuran sampelnya kecil, tanggapan tersebut menunjukkan bahwa Harris mungkin perlu memberikan proposal kebijakan yang lebih rinci untuk menarik perhatian para pemilih yang belum menentukan pilihan.

Baca Juga: Demokrat Ganti Pemain, Debat Capres AS Kamala Harris dan Donald Trump Panas

Lima orang mengatakan, mereka menganggap Harris tidak jelas selama debat selama lebih dari 90 menit tentang bagaimana ia akan meningkatkan ekonomi AS dan mengatasi tingginya biaya hidup, yang menjadi perhatian utama para pemilih.

Pertemuan tersebut sangat penting bagi Harris, dengan jajak pendapat akhir pekan New York Times/Siena College menunjukkan bahwa lebih dari seperempat calon pemilih merasa mereka tidak cukup mengenalnya, berbeda dengan Trump yang terkenal.

Para pengikut Trump mengatakan, mereka lebih memercayainya dalam hal ekonomi, meskipun semuanya mengatakan bahwa mereka tidak menyukainya sebagai pribadi.

Mereka mengatakan bahwa situasi keuangan pribadi mereka lebih baik ketika ia menjadi presiden antara tahun 2017-2021. Beberapa orang menyoroti usulannya untuk mengenakan pajak atas impor asing, meskipun para ekonom mengatakan bahwa hal itu kemungkinan akan menaikkan harga.

Empat dari enam orang tersebut juga mengatakan, Harris tidak meyakinkan mereka bahwa ia akan menjalankan kebijakan ekonomi yang berbeda dari Presiden Demokrat Joe Biden, yang sebagian besar mereka salahkan atas tingginya biaya hidup.

"Saya masih belum tahu apa yang dia inginkan," kata Mark Kadish, 61, seorang pengusaha di Florida. "Tidak ada rencana yang jelas dan nyata."

Empat pemilih adalah perempuan dan enam laki-laki; delapan berkulit putih dan dua berkulit hitam. Semuanya pernah memilih kandidat Demokrat dan Republik di masa lalu.

Harris memang menyebutkan beberapa kebijakan spesifik, termasuk rencananya untuk menawarkan manfaat pajak bagi keluarga dan usaha kecil. Namun, dia memfokuskan sebagian besar debat untuk menyerang Trump daripada menjabarkan kebijakan yang terperinci.

Baca Juga: Seru! Pertempuran Ekonomi dalam Debat Pertama Trump vs Harris

Robert Wheeler, 48, seorang eksekutif perusahaan keamanan di Nevada, condong ke Harris sebelum debat. Dia sekarang mengatakan jika pemilihan diadakan besok, dia akan memilih Trump, terutama karena dia pikir Harris tidak memberikan kejelasan tentang kebijakannya.

"Saya merasa seluruh debat itu adalah Kamala Harris yang memberi tahu saya mengapa tidak memilih Donald Trump, bukan mengapa dia kandidat yang tepat," kata Wheeler.

Namun, Meredith Marshall, yang bekerja mandiri dan tinggal di Los Angeles, mengatakan dia sekarang mendukung Harris. Ia mengatakan ia berharap mendengar lebih banyak tentang ekonomi dari wakil presiden, tetapi tetap menyukai rencananya untuk membantu pemilik usaha kecil.

Selanjutnya: BPJS Ketenagakerjaan Beri Perlindungan Atlet di GEAS National Championship 2024

Menarik Dibaca: 11 Tanda Gula Darah Tinggi yang Patut Anda Waspadai, Cek di Sini




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×