kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.444.000   1.000   0,07%
  • USD/IDR 15.340   65,00   0,42%
  • IDX 7.832   19,65   0,25%
  • KOMPAS100 1.193   8,54   0,72%
  • LQ45 967   7,57   0,79%
  • ISSI 228   1,17   0,52%
  • IDX30 493   4,42   0,90%
  • IDXHIDIV20 594   3,60   0,61%
  • IDX80 136   1,13   0,84%
  • IDXV30 139   0,76   0,55%
  • IDXQ30 165   1,38   0,84%

Demokrat Ganti Pemain, Debat Capres AS Kamala Harris dan Donald Trump Panas


Rabu, 11 September 2024 / 10:38 WIB
Demokrat Ganti Pemain, Debat Capres AS Kamala Harris dan Donald Trump Panas
ILUSTRASI. Wakil Presiden Demokrat Kamala Harris membuat Donald Trump dari Partai Republik bersikap defensif dalam debat presiden AS yang sengit.


Sumber: Reuters | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - PHILADELPHIA. Wakil Presiden Demokrat Kamala Harris membuat Donald Trump dari Partai Republik bersikap defensif dalam debat presiden Amerika Serikat (AS) yang sengit pada hari Selasa malam waktu setempat atau Rabu (11/9) pagi waktu Indonesia. Harris menyerang Trump mengenai batasan aborsi, kebugaran untuk jabatan, dan berbagai masalah hukum, saat kedua kandidat berusaha mengubah kampanye dalam pemilihan mereka yang berlangsung ketat.

Seorang mantan jaksa, Harris, yang berusia 59 tahun, tampaknya terus-menerus membuat mantan presiden itu kesal. Hal ini mendorong Trump, 78 tahun, yang tampak marah, untuk menyampaikan serangkaian tanggapan.

Pada satu titik, Harris menyinggung rapat umum kampanye Trump dengan mengatakan bahwa orang-orang sering pulang lebih awal karena kelelahan dan bosan.

"Rapat umum saya, kami memiliki rapat umum terbesar, rapat umum paling luar biasa dalam sejarah politik," ujar Trump. Dia kemudian beralih ke klaim yang tidak berdasar bahwa imigran Haiti di Springfield, Ohio, memakan hewan peliharaan penduduk.

"Bicara tentang ekstrem," kata Harris sambil tertawa.

Kedua kandidat berselisih pendapat mengenai isu-isu seperti imigrasi, kebijakan luar negeri, dan perawatan kesehatan. Tetapi debat tersebut tidak membahas rincian kebijakan tertentu. Sebaliknya, pendekatan agresif Harris berhasil memusatkan perhatian pada Trump.

Baca Juga: Mark Zuckerberg Mengaku Ada Intervensi Joe Biden Saat Pandemi dan Netral di Pemilu AS

Trump, yang telah menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk melancarkan serangan pribadi terhadap Harris yang mencakup penghinaan rasis dan seksis, sebagian besar menghindari penghinaan selama momen-momen awal debat tetapi menjadi semakin gelisah dengan serangan Harris.

Trump ditanya oleh moderator tentang salah satu serangan tersebut, ketika ia mengatakan pada sebuah acara dengan jurnalis kulit hitam pada bulan Juli bahwa Harris baru-baru ini "menjadi orang kulit hitam."

"Saya tidak peduli," kata Trump. "Apa pun yang dia inginkan, saya setuju."

Harris, yang memiliki darah kulit hitam dan Asia Selatan, menanggapi, "Menurut saya, sangat tragis bahwa kita memiliki seseorang yang ingin menjadi presiden yang secara konsisten selama kariernya berusaha menggunakan ras untuk memecah belah rakyat Amerika," imbuh Harris.

Dia mengkritik Trump atas hukuman pidananya karena menutupi pembayaran uang tutup mulut kepada seorang bintang porno serta dakwaan lainnya dan putusan perdata yang menyatakannya bertanggung jawab atas penyerangan seksual. Trump telah membantah melakukan kesalahan dan kembali menuduh Harris dan Demokrat mengatur semua kasus tanpa bukti.

Trump juga mengulangi klaim palsunya bahwa kekalahannya dalam pemilihan umum 2020 disebabkan oleh penipuan, menyebut Harris sebagai seorang Marxis dan secara keliru menyatakan bahwa para migran telah menyebabkan kejahatan kekerasan.

Dengan delapan minggu tersisa sebelum pemilihan umum 5 November, dan beberapa hari menjelang dimulainya pemungutan suara awal di beberapa negara bagian, debat -satu-satunya yang dijadwalkan- menghadirkan peluang dan risiko bagi setiap kandidat di hadapan puluhan juta pemilih yang disiarkan televisi.

Baca Juga: Trump Tertarik Memasukkan Elon Musk ke Kabinetnya Jika Menang Pemilu Presiden AS

JABATAN TANGAN YANG MENGEJUTKAN

Debat dimulai pada pukul 9 malam (08.00 WIB pada hari Rabu) dengan jabat tangan yang mengejutkan antara kedua lawan, yang belum pernah bertemu sebelumnya. Harris mendekati Trump di mimbarnya, memperkenalkan dirinya dengan nama, dalam jabat tangan pertama dalam debat presiden sejak 2016.

Pertemuan itu sangat penting bagi Harris, dengan jajak pendapat menunjukkan bahwa lebih dari seperempat calon pemilih merasa mereka tidak cukup mengenalnya. Harris memasuki persaingan hanya tujuh minggu lalu setelah mundurnya Presiden Joe Biden.

Harris menyampaikan serangan panjang lebar tentang batasan aborsi, berbicara dengan penuh semangat tentang wanita yang ditolak perawatan darurat dan korban inses yang tidak dapat mengakhiri kehamilan mereka karena larangan di seluruh negara bagian yang telah berkembang pesat sejak Mahkamah Agung AS menghapuskan hak nasional pada tahun 2022. Tiga orang yang ditunjuk Trump berada di mayoritas keputusan itu.

Dia juga mengklaim Trump akan mendukung larangan nasional, sebuah pernyataan yang disebut Trump sebagai kebohongan.

Trump, yang terkadang kesulitan menyampaikan pesan tentang aborsi, secara keliru mengklaim bahwa Harris dan Demokrat mendukung pembunuhan bayi, yang -sebagaimana dicatat oleh moderator Linsey Davis- ilegal di setiap negara bagian.

"Seperti yang saya katakan, Anda akan mendengar banyak kebohongan," kata Harris.

Harris juga berusaha mengaitkan Trump dengan Project 2025, cetak biru kebijakan konservatif yang mengusulkan perluasan kekuasaan eksekutif, penghapusan peraturan lingkungan, dan melarang pengiriman pil aborsi lintas negara bagian, di antara tujuan sayap kanan lainnya.

Trump membalas bahwa ia "tidak ada hubungannya" dengan Project 2025, meskipun beberapa penasihatnya terlibat dalam pembuatannya.

Baca Juga: Kamala Harris Usulkan Kenaikan Tarif Pajak Korporasi Jadi 25% Jika Menang Pilpres AS

PERBEDAAN EKONOMI DAN KEBIJAKAN LUAR NEGERI

Para kandidat membuka debat dengan berfokus pada ekonomi, sebuah isu yang menurut jajak pendapat menguntungkan Trump.

Harris menyerang niat Trump untuk mengenakan tarif tinggi pada barang-barang asing -usulan yang disamakannya dengan pajak penjualan pada kelas menengah- sambil menggembar-gemborkan rencananya untuk menawarkan manfaat pajak bagi keluarga dan usaha kecil.

"Donald Trump meninggalkan kita dengan tingkat pengangguran terburuk sejak Depresi Hebat," kata Harris, merujuk pada tahun-tahunnya sebagai presiden dari 2017-2021. Pengangguran mencapai puncaknya pada 14,8% pada April 2020 dan pada 6,4% ketika Trump meninggalkan jabatannya. Angka pengangguran jauh lebih tinggi pada masa Depresi Hebat.

Trump mengkritik Harris atas inflasi yang terus-menerus selama masa jabatan pemerintahan Biden, meskipun ia melebih-lebihkan tingkat kenaikan harga. Trump juga beralih dengan cepat ke isu utamanya, imigrasi, dengan mengklaim lagi tanpa bukti bahwa imigran dari "rumah sakit jiwa" melintasi perbatasan selatan AS dengan Meksiko.

"Inflasi telah menjadi bencana bagi orang-orang, bagi kelas menengah, bagi setiap kelas," ujar Trump.

Baca Juga: Beda dengan Donald Trump, Kamala Harris Tidak Akan Intervensi The Fed

Para kandidat juga saling menyerang tentang perang Israel-Gaza dan invasi Rusia ke Ukraina. Keduanya tidak memberikan rincian tentang bagaimana mereka akan berusaha mengakhiri setiap konflik.

Harris menuduh Trump bersedia meninggalkan dukungan AS untuk Ukraina untuk mendapatkan dukungan dari Presiden Rusia Vladimir Putin, menyebut Trump sebagai aib. Sementara Trump mengklaim Harris membenci Israel -sebuah pernyataan yang ditolaknya.

Debat presiden tidak serta-merta mengubah pikiran pemilih, tetapi dapat mengubah dinamika pemilihan. Performa buruk Biden saat melawan Trump pada bulan Juni membuatnya meninggalkan kampanyenya pada tanggal 21 Juli.

Dalam kontes yang dapat kembali menghasilkan puluhan ribu suara di beberapa negara bagian, bahkan perubahan kecil dalam opini publik dapat mengubah hasilnya. Kedua kandidat secara efektif imbang di tujuh negara bagian medan pertempuran yang kemungkinan akan menentukan hasil pemilu, menurut rata-rata jajak pendapat yang dikumpulkan oleh New York Times.

Debat yang diselenggarakan oleh ABC News berlangsung di National Constitution Center di Philadelphia. Seperti yang disepakati oleh tim kampanye, tidak ada penonton langsung dan mikrofon kandidat dimatikan saat bukan giliran mereka untuk berbicara.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×