kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45806,19   -5,40   -0.67%
  • EMAS1.065.000 1,04%
  • RD.SAHAM 0.85%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Dermawan, Warren Buffett donasikan lebih Rp 28 triliun untuk amal tahunan


Kamis, 09 Juli 2020 / 07:41 WIB
Dermawan, Warren Buffett donasikan lebih Rp 28 triliun untuk amal tahunan
ILUSTRASI. Warren Buffett donasikan lebih dari Rp 28 triliun untuk amal tahunan. FOTO: thegriffingroupe.com

Sumber: New York Times | Editor: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Warren Buffett dikabarkan mendonasikan US$2.9 miliar atau sekitar Rp 41 triliun di 5 badan amal berbeda tahun ini. Dilansir dari The New York Times, pada hari Rabu, 08 Juli 2020, Buffett mengumumkan bahwa dia telah berdonasi kepada 5 badan amal sebagai kegiatan tahunannya.

Warren Buffett memberikan lebih dari setengah keuntungan Berkshire Hathaway kepada the Susan Thompson Buffett Foundation, tiga yayasan milik anak-anak Buffett; Howard G. Buffett Foundation, the Sherwood Foundation, dan NoVo Foundation, serta badan amal milik rekannya, Bill Gates Sr, Bill and Melinda Gates Foundation.


Baca Juga: Warren Buffet investasi saham pipa gas di tengah pandemi, kehilangan sentuhan?

Mengembangkan vaksin Covid-19 dan mendistribusikannya ke negara-negara miskin dan berkembang, merupakan salah satu kegiatan amal yang dilakukan the Bill and Melinda Gates Foundation. Dengan Buffett menyumbangkan sebagian keuntungannya di badan amal milik Gates, ia juga mendukung adanya perkembangan vaksin Covid-19

Meskipun yang dilakukan Buffett kali ini merupakan donasi, ada kritik yang menyebutkan jika donasi yang Warren Buffett lakukan hanya untuk menghasilkan keuntungan dari pajak pribadi.

Namun tudingan ini segera dibantah oleh Buffett bahwa dari US$1000 atau sekitar Rp 14 juta yang didonasikan, Buffett hanya mendapatkan sekitar 43 sen.

Baca Juga: Wajib dibaca para investor, ini 3 buku yang mengubah hidup Warren Buffett

Dalam pernyataan terakhirnya pada pemegang saham Berkshire, Warren Buffet menyatakan jika ia telah membayar US$3.6 miliar pajak di tahun 2019. Donasi tahun ini membuat total donasi yang dibuat Warren Buffett mencapai US$37 miliar. Jumlah nominal ini diakumulasikan sejak tahun 2006 dimana Buffett mulai berdonasi. 



TERBARU

[X]
×