kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.440.000   -4.000   -0,28%
  • USD/IDR 15.339   1,00   0,01%
  • IDX 7.829   -2,64   -0,03%
  • KOMPAS100 1.196   2,88   0,24%
  • LQ45 970   3,33   0,34%
  • ISSI 228   0,02   0,01%
  • IDX30 495   1,66   0,34%
  • IDXHIDIV20 597   3,35   0,56%
  • IDX80 136   0,44   0,33%
  • IDXV30 140   0,56   0,40%
  • IDXQ30 166   1,10   0,67%

Deretan Artis yang Tak Mengizinkan Lagunya Digunakan untuk Kampanye Trump


Jumat, 30 Agustus 2024 / 13:08 WIB
Deretan Artis yang Tak Mengizinkan Lagunya Digunakan untuk Kampanye Trump
ILUSTRASI. ABBA, telah meminta mantan Presiden Donald Trump untuk tidak lagi memutar musik mereka di acara-acara kampanyenya. REUTERS/Tom Brenner


Sumber: Forbes | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Grup pop asal Swedia, ABBA, telah meminta mantan Presiden Donald Trump untuk tidak lagi memutar musik mereka di acara-acara kampanyenya, seperti yang dilaporkan oleh berbagai media pada hari Kamis.

ABBA bergabung dengan sejumlah artis lain yang telah meminta Trump untuk berhenti menggunakan lagu-lagu hits mereka di acara-acara politiknya.

Label rekaman ABBA, Universal Music, mengatakan kepada Reuters bahwa kampanye Trump tidak mendapatkan izin atau lisensi untuk memutar musik ABBA dan telah meminta agar kampanye tersebut segera menghapus video yang menampilkan musik ABBA yang diputar di acara Trump.

Permintaan ini muncul setelah sebuah surat kabar Swedia melaporkan bahwa tim Trump memutar lagu ABBA “The Winner Takes It All” dan “Money, Money, Money” pada rapat umum di Minnesota pada tanggal 27 Juli.

Baca Juga: ABBA Layangkan Protes ke Donald Trump, Gara-Gara Musiknya untuk Kampanye

Namun, tim kampanye Trump membantah tuduhan tersebut dengan mengatakan bahwa mereka memiliki hak untuk memutar musik ABBA melalui perjanjian mereka dengan dua organisasi lisensi musik, BMI dan ASCAP.

Forbes telah mencoba menghubungi Universal Music dan perwakilan anggota ABBA untuk memberikan komentar lebih lanjut.

Siapa Saja yang Meminta Trump Tidak Menggunakan Musik Mereka?

Foo Fighters mengatakan melalui media sosial bahwa mereka tidak memberikan izin kepada Trump untuk memutar lagu "My Hero," yang digunakan Trump di sebuah rapat umum di Phoenix saat menyambut Robert F. Kennedy Jr.

Sebelumnya, label musik Celine Dion, Sony Music Entertainment Canada, mengeluarkan pernyataan setelah Trump memutar video di sebuah rapat umum di Montana yang menampilkan Dion menyanyikan “My Heart Will Go On.”

Baca Juga: Saham Perusahaan Media dan Teknologi Milik Donald Trump Anjlok, Apa Penyebabnya?

Pernyataan tersebut menegaskan bahwa penggunaan tersebut tidak mendapatkan izin, dan Celine Dion tidak mendukung penggunaan semacam ini.

Keluarga mendiang penyanyi Isaac Hayes juga mengatakan di platform X bahwa mereka akan menuntut kampanye Trump atas 134 pelanggaran hak cipta terkait penggunaan lagu “Hold On I’m Coming” di acara kampanye dari tahun 2022 hingga 2024.

Artis lain seperti Johnny Marr dari The Smiths, warisan Sinéad O'Connor, Adele, Queen, The White Stripes, Elton John, dan The Beatles juga menolak penggunaan musik mereka di rapat umum Trump.

Kampanye Trump telah menolak klaim setidaknya satu musisi lain yang mengatakan bahwa mereka tidak memiliki izin untuk menggunakan materi musiknya. Juru bicara Trump, Steven Cheung, mengatakan kepada The Hill bahwa kampanye tersebut memiliki hak untuk memutar lagu "My Hero" dan mengkritik Foo Fighters di platform X atas pernyataan mereka.

Penggunaan musik berhak cipta oleh politisi dalam acara kampanye adalah isu yang sering diperdebatkan karena sebagian besar acara tersebut diadakan di tempat-tempat besar yang biasanya memiliki lisensi musik "penampilan publik."

Baca Juga: Joe Biden Berencana Melakukan Panggilan Telepon Perpisahan dengan Xi Jinping

Lisensi ini seringkali dibuat dengan organisasi seperti American Society of Composers, Authors & Publishers (ASCAP) atau Broadcast Music, Inc. (BMI) dan memungkinkan kampanye untuk menggunakan jutaan lagu.

Namun, kampanye biasanya juga membeli lisensi mereka sendiri untuk memastikan mereka dapat menggunakan musik di tempat yang diperlukan dan menghindari masalah lisensi.

Meskipun kampanye memiliki lisensi penampilan publik, mereka masih bisa digugat oleh artis dengan menggunakan undang-undang "right of publicity," yang melindungi citra seseorang yang terkenal.

Artis juga dapat menggunakan argumen berdasarkan Undang-Undang Lanham, yang melindungi dari kebingungan atau pencemaran merek dagang melalui penggunaan tanpa izin, atau prinsip-prinsip persetujuan palsu untuk menggugat.




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×