kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,50   6,04   0.66%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dilelang, satu botol Wiski Macallan berusia 60 tahun terjual seharga US$ 1,1 juta


Jumat, 05 Oktober 2018 / 17:38 WIB
Dilelang, satu botol Wiski Macallan berusia 60 tahun terjual seharga US$ 1,1 juta


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - EDINBURG. Salah satu perusahaan wiski paling banyak dicari di dunia yaitu Macallan Valerio Adami 1926 yang berusia 60 tahun, dilelang dengan £ 848.750 atau setara US$ 1,1 juta pada Rabu (3/10) lalu.

Mengutip Reuters, Rabu lalu pembeli dari salah satu Wiski paling mahal di dunia ini antara lain seorang kolektor pribadi dari Asia yang menawar melalui kolektor, sebagaimana dijelaskan oleh juru lelang Bonhams.

Perusahaan penjual Wiski ini menjual satu dari 12 botol lain dengan label karya seniman Italia Adami pada bulan Mei 2018 lalu seharga GBP 814.091.

Spesialis Wiski, Martin Green dalam lelang tersebut mengatakan Wiski semacam ini memang diincar oleh para kolektor lantaran nilai kelangkaannya. "Ini adalah Rolls Royce-nya gandum," katanya.

Ia meyakini para kolektor cenderung tak meminum Wiski yang dibeli dengan harga jutaan dollar. "Kita tidak tahu apa yang akan terjadi, tapi siapapun yang mampu membeli sebotol dengan harga hampir satu juta Poundsterling pasti mampu untuk meminumnya. Tapi, ini adalah barang seni, hampir setara dengan barang yang ada di museum," ungkapnya.

Sebagai informasi, Macallan sang produsen Wiski ternama ini hanya membuat 24 botol pada tahun 1986. Perusahaan ini menjadi penyuling paling terkenal di dunia dan menjadi salah satu produk andalan Skotlandia.

Sang pembuat desain label yakni Adami dan Peter Blake memiliki ketenaran tersendiri. Kedua orang ini antara lain membuat lengan album untuk The Beatles "Sgt Pepper's Lonely Hearts Club Band" untuk setiap label desain sebanyak 12 botol.

Tidak diketahui ada berapa banyak botol
Wiski yang memiliki coretan tangan Adami saat ini. Dikabarkan, salah satunya hancur pada saat gempa di Jepang tahun 2011 silam. Setidaknya pula, ada satu botol yang telah dibuka dan diminum untuk mabuk oleh salah satu pembelinya.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×