kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45950,15   -24,18   -2.48%
  • EMAS989.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Diselidiki Mahkamah Agung, Presiden Brasil Jair Bolsonaro ngamuk


Kamis, 05 Agustus 2021 / 08:26 WIB
Diselidiki Mahkamah Agung, Presiden Brasil Jair Bolsonaro ngamuk
ILUSTRASI. Presiden Brasil Jair Bolsonaro


Reporter: Anna Suci Perwitasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - RIO DE JANEIRO. Presiden Brasil Jair Bolsonaro marah ngamuk setelah Mahkamah Agung melakukan penyelidikan atas perilakunya. Bolsonaro juga mengancam akan menanggapi hal tersebut telah berada di luar batas konstitusi, dan meningkatkan bentrokan antara pemimpin sayap kanan dan otoritas pengadilan.

Komentar Bolsonaro muncul setelah Hakim Agung Alexandre de Moraes menyetujui penyelidikan atas tuduhan tidak berdasar terhadap presiden bahwa sistem pemungutan suara elektronik Brasil rentan terhadap penipuan.

"Penyelidikan ini tidak berada dalam batas-batas konstitusi, jadi penawarnya juga tidak dalam batas-batas konstitusi," jelas Bolsonaro di media sosial, tanpa merinci lebih lanjut sifat ancamannya itu.

Bolsonaro, yang diperkirakan akan mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua pada tahun 2022, telah berulang kali mengatakan, sistem pemungutan suara elektronik Brasil rentan terhadap penipuan tanpa memberikan bukti-bukti yang akurat.

Baca Juga: Kasus kematian akibat COVID-19 di Brasil terus melonjak

Kritikus menyebut Bolsonaro, seperti mantan Presiden AS Donald Trump, menabur keraguan jika dia kalah pada 2022. Dia telah mengancam untuk tidak menerima hasil pemilu, jika sistem tidak diubah.

Sebelumnya, Bolsonaro juga menyerukan adopsi kuitansi cetak yang dapat dihitung jika ada hasil pemilihan yang dipermasalahkan, jejak kertas yang akan mengubah sistem pemungutan suara elektronik saat ini. 

Saat ini, proposal untuk rencana itu sudah ada di Kongres, dengan komite yang akan memberikan suara pada hari ini. Analis percaya, proposal itu memiliki sedikit kesempatan untuk menjadi undang-undang.

Presiden telah menyerukan kepada orang-orang untuk turun ke jalan. Alhasil, akhir pekan lalu, ribuan pendukung Bolsonaro mengadakan demonstrasi di beberapa kota untuk mendukung proposalnya.

 

Selanjutnya: Varian Delta menyebar, kasus global Covid-19 melampaui 200 juta

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×