kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Dominika putuskan hubungan diplomatik, Taiwan mulai dekati Haiti


Minggu, 14 Juli 2019 / 09:39 WIB

Dominika putuskan hubungan diplomatik, Taiwan mulai dekati Haiti


KONTAN.CO.ID - PORT-AU-PRINCE. Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berencana mengunjungi Haiti pada hari Sabtu (20/7). Langkah tersebut dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan dukungan di wilayah tersebut setelah negara tetangga Republik Dominika memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan pada tahun 2018 lalu.

Kunjungan ke ibukota Haiti di Port-au-Prince merupakan perhentian pertama selama perjalanan 12 hari ke Karibia, dengan St Vincent dan Grenadines, St Lucia, St Kitts kemudian mengikuti Nevis.

Tsai akan bertemu dengan Presiden Haiti Jovenel Moise dan pejabat tinggi lainnya, sesuai dengan agenda resmi yang disediakan oleh pemerintah Haiti.

“Tur ini menyoroti sifat konstruktif hubungan antara Haiti dan Taiwan, yang akan memberikan kesempatan untuk mempertimbangkan komitmen yang dibuat di Taipei dan pada saat yang sama menentukan strategi terbaik untuk mengkonsolidasikan kerja sama Haiti-Taiwan,” kata pemerintah Haiti, dilansir dari Reuters, Minggu (14/7).

Pemerintah Haiti telah bersiap-siap menjamu kedatangan Taiwan. Di antaranya pemasangan bendera Haiti dan Taiwan di Port-au-Prince sejak Sabtu pagi untuk menyambut Tsai.


Reporter: Ferrika Sari
Video Pilihan


Close [X]
×