kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.345.000 -0,88%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Donald Trump Masih Jadi Capres Favorit di Kalangan Simpatisan Partai Republik


Jumat, 26 Mei 2023 / 10:39 WIB
Donald Trump Masih Jadi Capres Favorit di Kalangan Simpatisan Partai Republik
ILUSTRASI. Mantan Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa ia akan sekali lagi mencalonkan diri sebagai presiden AS dalam pemilu presiden AS 2024 ,di Palm Beach, Florida, A.S. 15 November 2022. REUTERS/J


Sumber: foxnews | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Jajak pendapat terbaru yang dilakukan Fox News menunjukkan bahwa Donald Trump masih menjadi calon presiden favorit di kalangan pendukung Partai Republik.

Mantan Presiden AS ini mendapat dukungan dari 53% responden yang merupakan pemilih utama Grand Old Party (GOP), julukan Partai Republik, secara nasional.

Di bawahnya berturut-turut menyusul Ron DeSantis dengan 20%, Mike Pence dengan 5%, Nikki Haley dan Vivek Ramaswamy dengan 4%, serta Liz Cheney dan Tim Scott dengan 2%.

Bulan lalu, jajak pendapat serupa juga menempatkan Trump di posisi teratas dengan presentase yang sama dan DeSantis dengan 21% suara. Sejak Februari, dukungan terhadap Trump naik 10% sementara DeSantis turun 8%.

Baca Juga: Donald Trump Mengumumkan Kesiapannya Bersaing di Pemilu Presiden AS 2024

Di antara pemilih utama GOP, trump memang sangat populer di komunitas yang lebih beragam. Menurut Fox News, DeSantis mendapatkan beberapa dukungan tertingginya di antara pemilih yang lebih berpendidikan tinggi.

Sekitar 22% pemilih Trump di tahun 2020 kini mulai mengalihkan dukungannya ke DeSantis.

DeSantis merupakan Gubernur Florida dan baru saja mengumumkan pencalonannya pada hari Rabu (24/5). Survei terbaru ini dilakukan sebelum DeSantis mengumumkan pencalonannya, menunjukkan bahwa dirinya memang sudah populer di kalangan masyarakat.

Dari kubu Partai Demokrat, nama Presiden Joe Biden jadi yang favorit setelah meraih 62% suara dalam jajak pendapat. Biden unggul jauh dari calon lain seperti Robert Kennedy Jr. dengan 16% dan Marianne Williamson dengan 8%.

Baca Juga: Joe Biden: Donald Trump adalah Pertanda Bahaya Bagi Demokrasi AS

Bersaing Ketat dengan Joe Biden

Survei menunjukkan bahwa mayoritas responden percaya bahwa keduanya tidak memiliki kejujuran dan empati. Mereka juga menilai dua calon presiden terkuat ini tidak memiliki kemampuan penilaian yang baik dan kesehatan mental yang stabil untuk memimpin negara.

Berdasarkan survei, karakteristik yang paling menggambarkan Trump adalah korup (55%) dan pemimpin yang kuat (51%). Sementara Biden banyak digambarkan sebagai sosok yang peduli (45%) dan korup (44%). 

Mayoritas percaya Trump kurang jujur ​​(67%) dan empati (61%). 

Dibandingkan dengan Biden, lebih banyak juga yang menganggap Trump memiliki kesehatan mental yang lebih baik untuk menjabat secara efektif sebagai presiden.

Namun, lebih banyak yang percaya bahwa Biden lebih jujur dan lebih memiliki empati, serta lebih sedikit yang percaya bahwa Biden lebih korup.

Hingga saat ini Trump dan Biden masih menjadi nama teratas yang diprediksi akan bersaing di pemilu presiden AS tahun 2024. Melihat survei yang ada, pertarungan ulang pada pemilu tahun 2020 sepertinya akan benar-benar tersaji.




TERBARU

[X]
×