kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,69   4,34   0.47%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dua Kapal Perang AS Berlayar Melewati Perairan Internasional di Selat Taiwan


Minggu, 28 Agustus 2022 / 21:39 WIB
Dua Kapal Perang AS Berlayar Melewati Perairan Internasional di Selat Taiwan
ILUSTRASI. Kapal Perang AS Transit di Selat Taiwan, China Siaga Tinggi. REUTERS/Ann Wang


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dua kapal perang Angkatan Laut AS berlayar melalui perairan internasional di Selat Taiwan pada Minggu (28/8/2022). Dilansir Reuters, operasi itu yang pertama sejak kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan yang membuat marah China yang menganggap pulau itu sebagai wilayahnya. 

Angkatan Laut AS mengatakan bahwa kapal penjelajah Chancellorsville dan Antietam sedang melakukan operasi. Hal itu biasanya memakan waktu delapan hingga 12 jam untuk diselesaikan dan diawasi secara ketat oleh militer China. 

Dalam beberapa tahun terakhir, kapal perang AS, dan kadang-kadang kapal-kapal dari negara-negara sekutu seperti Inggris dan Kanada, secara rutin berlayar melalui selat itu. Ini tentu memicu kemarahan China yang mengklaim Taiwan menentang keberatan pemerintahnya yang terpilih secara demokratis. 

Baca Juga: Kapal Perang AS Transit di Selat Taiwan, Pertama Sejak Kunjungan Pelosi

Perjalanan Pelosi ke Taiwan pada awal Agustus membuat marah China yang melihatnya sebagai upaya AS untuk ikut campur dalam urusan internalnya. China kemudian meluncurkan latihan militer di dekat pulau yang sejak itu terus berlanjut. 

"Kapal-kapal (AS) ini transit melalui koridor di selat yang berada di luar laut teritorial negara pantai mana pun," kata Angkatan Laut AS. 

Operasi itu menunjukkan komitmen Amerika Serikat terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Militer AS juga bisa terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun yang diizinkan hukum internasional, kata angkatan laut. 

Komando Teater Timur militer China mengatakan mereka mengikuti kapal-kapal itu dan memperingatkannya. 

Baca Juga: China dan AS Meneken Kesepakatan Awal atas Inspeksi Praktik Audit

"Pasukan tetap siaga tinggi dan siap untuk menggagalkan provokasi kapan pun," tambahnya. 

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan kapal-kapal itu berlayar ke arah selatan dan bahwa pasukannya mengamati tetapi "situasinya seperti biasa". Selat Taiwan yang sempit memang sering menjadi sumber ketegangan militer sejak pemerintah Republik China yang kalah melarikan diri ke Taiwan pada tahun 1949.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapal Perang AS Transit di Selat Taiwan, China Siaga Tinggi"




TERBARU

[X]
×