kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,16   -14,36   -1.64%
  • EMAS920.000 -0,86%
  • RD.SAHAM -0.50%
  • RD.CAMPURAN -0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dua pelopor teori lelang AS menangkan Nobel Ekonomi 2020


Senin, 12 Oktober 2020 / 21:56 WIB
Dua pelopor teori lelang AS menangkan Nobel Ekonomi 2020
ILUSTRASI. Pemenang Nobel Ekonomi 2020. Foto: Twitter Nobel Prize

Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - STOCKHOLM. Ekonom Amerika Serikat (AS) Paul Milgrom dan Robert Wilson memenangkan Nobel Ekonomi 2020 untuk teori lelang, yang menuai pujian karena menguntungkan pembeli dan penjual di seluruh dunia, mulai dari kuota memancing hingga slot pendaratan pesawat.

Di antara wawasan dari dua ekonom Universitas Stanford ini adalah penjelasan tentang bagaimana penawar berusaha untuk menghindari apa yang disebut "kutukan pemenang" dari pembayaran berlebih. Dan, apa yang terjadi ketika penawar mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang nilai saingan mereka.

“Lelang ada di mana-mana dan memengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Pemenang Nobel Ekonomi tahun ini, Paul Milgrom dan Robert Wilson, telah meningkatkan teori lelang dan menemukan format lelang baru, yang menguntungkan penjual, pembeli, dan pembayar pajak di seluruh dunia," kata Nobel Prize di akun Twitter, Senin (12/10), seperti dilansir Reuters.

Milgrom dan Wilson secara khusus menemukan format untuk menjual barang yang saling terkait secara bersamaan. Pada 1994, otoritas AS menggunakan salah satu desain lelang mereka untuk menjual frekuensi radio ke operator telekomunikasi, suatu langkah yang sejak saat itu ditiru di negara lain.

Baca Juga: Pemenang Nobel Perdamaian 2020: WFP, badan pangan PBB

Dalam sebuah pernyataan, Universitas Stanford mengatakan, desain Milgrom dan Wilson telah digunakan di seluruh dunia untuk mengalokasikan lebih dari US$ 100 miliar lisensi.

Wilson menunjukkan, penawar rasional cenderung menempatkan tawaran di bawah perkiraan terbaik mereka dari apa yang disebutnya "nilai umum". Yakni, ketika nilai suatu barang dianggap sama untuk semua orang karena takut membayar terlalu banyak.

Milgrom melengkapi itu dengan teori tentang "nilai-nilai pribadi", ketika nilai yang dirasakan dari sesuatu berbeda dari penawar ke penawar. 

Dia memperlihatkan, format lelang akan memberi penjual pendapatan yang diharapkan lebih tinggi saat penawar mempelajari lebih lanjut tentang taksiran nilai satu sama lain selama proses penawaran.

Baca Juga: Penyair asal Amerika Serikat dan pemenang Pulitzer raih Nobel Sastra 2020

Berbicara kepada wartawan melalui telepon, Wilson menyambut "berita gembira" soal dirinya yang menyabet Nobel Ekonomi 2020. Dia juga mengungkapkan  pengalaman pribadinya dalam mengikuti lelang terbatas.

"Saya sendiri, saya tidak pernah berpartisipasi aktif dalam pelelangan," kata Wilson yang berusia 83 tahun seperti dikutip Reuters. “Istri saya menunjukkan, kami membeli skiboot di eBay, saya rasa itu adalah lelang”.

Selanjutnya: Pertama kali dalam sejarah, dua wanita menyabet Nobel Kimia

 




TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale

[X]
×