kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Empat eksekutif bursa mata uang kripto di Korsel ditangkap


Kamis, 05 April 2018 / 14:00 WIB

Empat eksekutif bursa mata uang kripto di Korsel ditangkap
ILUSTRASI. ilustrasi Cryptocurrency

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Empat eksekutif dari dua bursa mata uang cryptocurrency Korea Selatan (Korsel), ditahan pada Kamis (5/4). Keempat orang itu sedang ditanyai sehubungan dengan dugaan penggelapan dana miliaran won.

Mengutip Reuters, Kamis (5/4), salah satu eksekutif yang ditahan adalah Kim Ik-hwan, CEO Coinnest, bursa mata uang kripto terbesar kelima di Korsel. Sementara, para tersangka lainnya tidak teridentifikasi.


"Mereka sedang ditanyai tentang penggelapan miliaran won dari rekening klien dan mentransfernya ke rekening mereka sendiri," kata seorang pejabat dari kantor kejaksaan kepada Reuters.

Ini adalah pertama kalinya karyawan perusahaan mata uang kripto ditahan di Korsel, negara dengan perdagangan cryptocurrency terbesar ketiga di dunia.

Otoritas Korsel sebelumnya telah berjanji menindak keras terhadap aktivitas ilegal, gerakan tidak adil dalam perdagangan mata uang kripto setelah hiruk-pikuk bitcoin pada akhir tahun lalu. Instansi pemerintah terkait sekarang menegosiasikan peraturan yang komprehensif untuk pasar mata uang digital.

Jaksa nantinya memutuskan apakah akan mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi para pekerja yang ditahan. Kantor kejaksaan juga berencana untuk menyelidiki pertukaran mata uang kripto lainnya terkait kemungkinan adanya kejahatan.


Reporter: Agung Jatmiko
Editor: Dupla Kartini

Video Pilihan


Close [X]
×