kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Facebook Meta dan Instagram Kembali Aktif Setelah Pemadaman Global


Rabu, 06 Maret 2024 / 10:08 WIB
Facebook Meta dan Instagram Kembali Aktif Setelah Pemadaman Global
ILUSTRASI. Facebook Meta dan Instagram Kembali Aktif Setelah Pemadaman Global


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA - Pada Selasa, Facebook dan Instagram yang dimiliki oleh Meta kembali aktif setelah mengalami pemadaman selama lebih dari dua jam. Pemadaman ini disebabkan oleh masalah teknis yang berdampak pada ratusan ribu pengguna di seluruh dunia.

Gangguan dimulai sekitar pukul 10 pagi waktu AS. Banyak pengguna melaporkan bahwa mereka tidak dapat mengakses Facebook dan Instagram serta mengalami kesulitan untuk masuk ke dalam platform tersebut.

Pada saat gangguan berlangsung, lebih dari 550.000 laporan masalah telah tercatat untuk Facebook, sementara sekitar 92.000 laporan masalah dilaporkan untuk Instagram, menurut situs pelacakan pemadaman listrik Downdetector.com.

Baca Juga: Meta Down! Facebook, Messenger, dan Instagram Mengalami Gangguan Global

"Sebelumnya hari ini, masalah teknis menyebabkan kesulitan akses beberapa layanan kami. Kami telah menyelesaikan masalah tersebut... untuk semua pengguna yang terdampak," kata Andy Stone, juru bicara Meta, dalam sebuah postingan di X. Namun, tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai sifat masalah teknis tersebut.

Pemadaman ini berdampak pada penurunan saham Meta sebesar 1,2% pada perdagangan sore. Hingga berita ini diturunkan, Meta belum memberikan rincian lebih lanjut mengenai masalah teknis yang terjadi.

Meta memiliki sekitar 3,19 miliar pengguna aktif harian di berbagai aplikasinya, termasuk WhatsApp dan Threads. Selain Facebook dan Instagram, dasbor status Meta juga menunjukkan adanya masalah pada antarmuka pemrograman aplikasi WhatsApp Business.

Meskipun demikian, pemadaman untuk WhatsApp dan Threads jauh lebih kecil, menurut Downdetector. Beberapa karyawan Meta melaporkan bahwa mereka tidak dapat mengakses sistem kerja internal mereka, yang memicu kekhawatiran akan status pekerjaan mereka.

Baca Juga: Akun Facebook, Instagram Anda, Log Out Sendiri? Beberapa Platform Meta Down

Pemadaman ini menjadi salah satu topik trending di X, platform media sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. Elon Musk, pemilik platform, mencoba menggoda Meta dengan mengunggah pesan yang menyatakan: "Jika Anda membaca postingan ini, itu karena server kami berfungsi".

X sendiri telah mengalami beberapa pemadaman layanan setelah dibeli oleh Musk senilai US$ 44 miliar pada Oktober 2022. Pemadaman terakhir terjadi pada bulan Desember dan mengakibatkan masalah bagi lebih dari 77.000 pengguna di berbagai negara, mulai dari AS hingga Prancis.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×