kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.000,15   6,55   0.66%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

FFR Naik Sesuai Prediksi, The Fed Masih Akan Dua Kali Mengerek Suku Bunga


Kamis, 02 Februari 2023 / 04:53 WIB
FFR Naik Sesuai Prediksi, The Fed Masih Akan Dua Kali Mengerek Suku Bunga
ILUSTRASI. Bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis points (bps) pada Rabu (1/2).


Sumber: Reuters | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis points (bps) pada Rabu (1/2). Kini, Fed Funds Rate berada di 4,5%-4,75%. Kenaikan suku bunga ini sesuai dengan prediksi. 

Gubernur The Fed Jerome Powell, dalam konferensi pers setelah keputusan suku bunga, menekankan bahwa penurunan inflasi baru-baru ini meski memuaskan masih belum cukup untuk menandakan diakhirinya kenaikan suku bunga.

"Kami akan membutuhkan lebih banyak bukti bahwa inflasi sedang surut untuk yakin bahwa inflasi bergerak kembali ke target," kata Powell pada konferensi pers setelah akhir pertemuan kebijakan dua hari.

Tapi dia juga melihat bahwa disinflasi terjadi dan masih dalam tahap awal. Dia menambahkan bahwa ada jalan untuk mencapai target inflasi 2% tanpa penurunan ekonomi yang signifikan. 

"Kami membicarakan kemungkinan dua kali kenaikan suku bunga untuk mencapai level yang cukup membatasi," kata Powell seperti dikutip USA Today. 

Baca Juga: Kebijakan The Fed Membayangi Laju IHSG, Saham-Saham Ini Bisa Dicermati, Kamis (2/2)

The Fed menjanjikan peningkatan suku bunga berkelanjutan sebagai bagian dari pertempuran yang masih belum terselesaikan melawan inflasi.

"Inflasi agak mereda tetapi tetap tinggi," kata bank sentral AS dalam sebuah pernyataan. The Fed menekankan pengakuan eksplisit atas kemajuan yang dibuat dalam menurunkan laju kenaikan harga dari level tertinggi 40 tahun yang dicapai tahun lalu.

Perang Rusia di Ukraina masih dipandang menambah ketidakpastian global yang meningkat. Tetapi The Fed menghilangkan bahasa pernyataan sebelumnya yang mengutip perang serta pandemi Covid-19 sebagai kontributor langsung kenaikan harga. The Fed juga menghilangkan penyebutan krisis kesehatan global untuk pertama kalinya sejak Maret 2020.

Namun, The Fed mengatakan ekonomi AS menikmati "pertumbuhan moderat" dan perolehan pekerjaan yang "kuat", dengan pembuat kebijakan masih "sangat memperhatikan risiko inflasi."

"Komite (Pasar Terbuka Federal) mengantisipasi bahwa peningkatan berkelanjutan dalam kisaran target akan sesuai untuk mencapai sikap kebijakan moneter yang cukup ketat untuk mengembalikan inflasi menjadi 2% dari waktu ke waktu," kata Fed.

Baca Juga: Aset Kripto Penghasil Cuan Terbesar Selama Januari 2023

Setelah pernyataan Powell, pasar saham AS menguat, imbal hasil Treasury turun, dan nilai tukar dolar AS melemah.

Kurs berjangka AS memperhitungkan kurs terminal 4,89% pada Rabu malam. Namun, The Fed memproyeksikan sebelumnya bahwa ia akan menaikkan suku bunga kebijakan utamanya menjadi antara 5% dan 5,25% dan mempertahankannya setidaknya sampai akhir tahun.

Pasar berjangka juga memperkirakan penurunan suku bunga tahun ini. Produk berjangka meramalkan Fed Funds Rate akan turun menjadi 4,39% pada Desember 2023, atau sekitar 50 bps pemotongan dari suku bunga puncak.

Baca Juga: Wall Street Turun karena Keputusan Suku Bunga The Fed Kian Dekat

"Powell mengonfirmasi ekspektasinya bahwa bank sentral akan menaikkan suku bunga (setidaknya) dua kali lagi, tetapi pengakuannya bahwa proses disinflasi telah dimulai telah membuat para pedagang lebih yakin bahwa itu akan menjadi dua kenaikan terakhir dari siklus ini dan bahwa the Fed akan ditahan di pertengahan kuartal kedua," kata Matthew Weller, kepala penelitian global di FOREX.com dan City Index kepada Reuters.

Pasar memperkirakan kenaikan 25 bps lainnya pada pertemuan kebijakan bulan depan.




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×