kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,54   -7,83   -0.79%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Filipina akan mengizinkan masuknya turis asing yang sudah divaksinasi


Jumat, 19 November 2021 / 12:34 WIB
Filipina akan mengizinkan masuknya turis asing yang sudah divaksinasi
ILUSTRASI. Orang-orang mengendarai skuter listrik di sebuah taman hiburan ketika wilayah ibu kota negara itu melonggarkan pembatasan penyakit virus corona (COVID-19), di Pasay City, Metro Manila, Filipina. REUTERS/Lisa Marie David


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - MANILA. Kementerian Pariwisata Filipina mengungkapkan, Filipina telah menyetujui rencana untuk segera mengizinkan masuknya turis asing yang divaksinasi Covid-19, menyusul langkah-langkah negara Asia Tenggara lainnya untuk melonggarkan pembatasan perjalanan.

Mengutip Reuters, Jumat (19/11), kementerian itu menambahkan, pada prinspnya, gugus tugas virus corona menyetujui masuknya turis yang divaksinasi penuh dari negara-negara dengan kasus Covid-19 yang rendah. Kementerian menambahkan, pedoman harus diselesaikan.

Filipina, yang terkenal dengan penyelaman dan ribuan pulau tropisnya, mengalami penurunan kedatangan asing hingga 83% pada tahun lalu, menerima hampir 1,4 juta pengunjung, dibandingkan dengan hampir 8,2 juta pada 2019. 

Baca Juga: Pembatasan diperlonggar, Filipina bakal memperbolehkan wisatawan asing masuk

Jepang, Korea Selatan, dan China adalah pasar pariwisata terbesarnya.

Filipina memberlakukan beberapa persyaratan masuk paling ketat di Asia selama pandemi dan telah menjadi salah satu negara yang paling terpukul di kawasan itu dalam hal kasus, kematian, dan kerugian ekonomi. Lebih dari seperempat populasinya telah divaksinasi.

Negara tetangga seperti Thailand, Vietnam , Kamboja, Malaysia, Singapura dan Indonesia juga telah mengumumkan berbagai tingkat pembukaan kembali dalam beberapa minggu terakhir, setelah kemajuan dalam memvaksinasi populasi lokal mereka.

"Mengizinkan wisatawan dari negara atau wilayah hijau yang mayoritas penduduknya divaksinasi dan dengan tingkat infeksi rendah, akan sangat membantu upaya pemulihan kami," kata Menteri Pariwisata Bernadette Romulo-Puyat dalam pernyataannya.

Filipina termasuk dalam daftar "hijau" negara-negara yang disetujui antara lain Jepang, Cina, Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan India.

Selanjutnya: Laut China Selatan memanas, Filipina meminta China untuk mundur




TERBARU

[X]
×