kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.483.000   -8.000   -0,54%
  • USD/IDR 15.636   28,00   0,18%
  • IDX 7.585   27,83   0,37%
  • KOMPAS100 1.180   4,47   0,38%
  • LQ45 945   5,24   0,56%
  • ISSI 227   0,15   0,07%
  • IDX30 486   2,34   0,48%
  • IDXHIDIV20 586   2,29   0,39%
  • IDX80 134   0,44   0,33%
  • IDXV30 142   -0,07   -0,05%
  • IDXQ30 163   0,76   0,47%

Foxconn Membangun Fasilitas Superchip Nvidia di Meksiko


Rabu, 09 Oktober 2024 / 07:09 WIB
Foxconn Membangun Fasilitas Superchip Nvidia di Meksiko
ILUSTRASI. Foxconn sedang membangun fasilitas manufaktur terbesar di dunia di Meksiko.


Sumber: Reuters | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - TAIPEI. Foxconn sedang membangun fasilitas manufaktur terbesar di dunia di Meksiko. Pabrik ini untuk menggabungkan superchip GB200 Nvidia, komponen utama dari platform komputasi keluarga Blackwell generasi berikutnya dari perusahaan AS tersebut, kata para eksekutif senior di perusahaan Taiwan ini pada hari Selasa (8/10).

Foxconn, produsen elektronik kontrak terbesar di dunia dan dikenal sebagai perakit iPhone terbesar Apple, telah diuntungkan dari ledakan kecerdasan buatan saat merakit server yang digunakan untuk memproses pekerjaan AI.

"Kami sedang membangun fasilitas produksi GB200 terbesar di planet ini," kata Benjamin Ting, wakil presiden senior Foxconn untuk grup bisnis solusi perusahaan cloud.

Seorang sumber pemerintah Meksiko mengatakan pabrik tersebut akan dibangun di kota Guadalajara.

Baca Juga: Foxconn Bangun Pabrik Superchip Nvidia Terbesar di Dunia

Nvidia mengatakan pada bulan Agustus bahwa mereka telah mulai mengirimkan sampel Blackwell kepada mitra dan pelanggannya setelah menyempurnakan desainnya. Nvidia mengharapkan pendapatan beberapa miliar dolar dari chip ini pada kuartal keempat.

Ting mengatakan kemitraan antara perusahaannya dan Nvidia sangat penting dan semua orang meminta platform Blackwell Nvidia.

"Permintaannya sangat besar," kata Ting pada acara tahunan perusahaan di Taipei, berdiri di samping wakil presiden Nvidia untuk AI dan robotika, Deepu Talla. Berbicara kepada wartawan kemudian, Chairman Foxconn Young Liu mengatakan pabrik tersebut sedang dibangun di Meksiko, dan kapasitas di sana akan "sangat, sangat besar." Dia tidak menjelaskan lebih lanjut.

Foxconn sudah memiliki pabrik manufaktur yang besar di Meksiko dan telah menginvestasikan lebih dari US$ 500 juta hingga saat ini di negara bagian Chihuahua. Liu mengatakan, rantai pasokan perusahaan siap untuk revolusi AI, menambahkan kemampuan manufakturnya mencakup "teknologi pendinginan cair dan pembuangan panas canggih yang diperlukan untuk melengkapi infrastruktur server GB200."

Baca Juga: Apple Mungkin Perlu Beralih ke China Setelah Kebakaran Pabrik Tata di India

Dia mengatakan prospek perusahaan pada kuartal saat ini kuat, meskipun dia tidak memberikan rincian. Pada hari Sabtu, Foxconn membukukan pendapatan tertingginya untuk kuartal ketiga karena permintaan yang kuat untuk server AI.

Fokus Foxconn lainnya adalah rencana ambisius untuk melakukan diversifikasi dari perannya sebagai pembuat barang elektronik konsumen untuk Apple. Foxconn berharap dapat menggunakan pengetahuan teknologinya untuk menawarkan kontrak manufaktur kendaraan listrik dan juga memproduksi kendaraan menggunakan model yang dibuat oleh merek Foxtron.

Ketika ditanya tentang persaingan ketat di pasar kendaraan listrik global di tengah permintaan yang melambat, Liu mengatakan Foxconn berkomitmen pada sektor tersebut.

"Ini adalah arah yang benar dan kami akan terus bekerja keras untuk mencapainya," kata dia. Liu menambahkan bahwa dengan EV, "hambatan mesin" tidak lagi ada dalam manufaktur mobil.

Produsen mobil "tidak perlu lagi membuat seluruh mobil sendiri," katanya.

Selanjutnya: Pemerintah Kaji Tuntutan Kenaikan Gaji Hakim

Menarik Dibaca: Musim Mangga Tiba, Ini Resep Ikan Goreng Kremes Dicocol Sambal Mangga Asam Manis




TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×