kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Gara-gara corona, pengiriman smartphone global di Februari anjlok 38%


Senin, 23 Maret 2020 / 13:15 WIB
Gara-gara corona, pengiriman smartphone global di Februari anjlok 38%
ILUSTRASI. Ilustrasi ponsel pintar

Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengiriman smartphone alias ponsel pintar secara global pada bulan Februari 2020 mengalami penurunan 38% dari periode yang sama di tahun sebelumnya (yoy).

Menurut firma riset Strategy Analytics, penurunan tersebut adalah yang terburuk sepanjang sejarah pemasaran smartphone secara tahunan. "Februari 2020 kami melihat penurunan terbesar dalam sejarah pemasaran smartphone global," ungkap Neil Mawston, Executive Director Strategy Analytics. 

Volume pengiriman smartphone menurun drastis dari angka 99,2 juta unit di periode yang sama tahun lalu menjadi 61,8 juta unit. Jika dihitung dari bulan Januari 2020, angka penurunan yang terjadi justru lebih besar yakni 39%. 

Baca Juga: Erajaya berikan gratis ongkir untuk pembelian digital melalui Eraspace dan Ibox

Biang keladi dari fenomena ini tak lain adalah pandemi virus corona alias Covid-19. Virus ini "menginfeksi" berbagai macam sektor industri di seluruh dunia termasuk industri smartphone

Penurunan jumlah pengiriman smartphone ini juga tidak terlepas dari kebijakan pemerintah China yang mengisolasi sejumlah wilayah pada awal tahun 2020. Akibat kebijakan isolasi tersebut, beberapa pabrik komponen smartphone kemudian harus meliburkan karyawannya. 

"Pasokan dan permintaan smartphone menurun di China, merosot di seluruh Asia dan melambat di seluruh dunia," jelas Mawston. Ia menambahkan bahwa ini adalah salah satu sejarah kelam yang ingin dilupakan industri smartphone





Close [X]
×