Geliat 13 sektor bisnis di Asia

Rabu, 07 September 2016 | 19:34 WIB   Reporter: Yuwono Triatmodjo
Geliat 13 sektor bisnis di Asia


TOKYO. Nikkei Asia Sector Purchasing Manager's Index (PMI) bulan Agustus 2016 mencatat, terjadi pertumbuhan aktivitas bisnis pada 13 sektor, dari total 19 sektor yang masuk dalam pantauan. Jumlah tersebut meningkat, dari bulan Juli lalu, dimana hanya 9 sektor saja yang membukukan pertumbuhan aktivitas bisnis.

Seperti diwartakan asia.nikkei.com, Rabu (7/8), sektor farmasi dan bioteknologi merupakan sektor yang mencetak pertumbuhan tertinggi di level 58,5. Menyusul berikutnya adalah sektor perbankan (56,3), logam dan pertambangan (54), commercial and proffesional services (53,5), serta asuransi (53,4).

Dalam laporannya, Nikkei menyebut ekspansi sektor perbankan sudah menggeliat sejak Juni dan bertahan hingga kini. Pertumbuhan ekspansi perbankan dinilai sebagai yang tertinggi dalam setahun terakhir.

Adapun bisnis terburuk menurut Nikkei terjadi di bisnis logam dan pertambangan, menyusul kontraksi yang terjadi dalam enam bulan terakhir. Sementara bisnis kehutanan dan produk kertas, menempati urutan kedua terburuk setelah sektor logan dan pertambangan.

Sebagai catatan, Nikkei Asia Sector PMI merupakan indikator pertumbuhan bisnis hasil survei terhadap 5.700 perusahaan di 10 negara Asia. Negara-negara tersebut adalah China, Jepang, India, Korea Selatan, Indonesia, Taiwan, Malaysia, Hong Kong, Singapura dan Vietnam.

Editor: Yuwono triatmojo
Tag

Terbaru