kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Saham Melonjak, Pengembang Properti China Gencar Lakukan Penggalangan Dana


Rabu, 16 November 2022 / 10:46 WIB
Harga Saham Melonjak, Pengembang Properti China Gencar Lakukan Penggalangan Dana
ILUSTRASI. Mumpung harga saham melonjak, pengembang properti China buru-buru lakukan penggalangan dana.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Reli saham yang terjadi di sektor properti China mulai dimanfaatkan para pengembang. Mereka mulai mengumumkan rencana peningkatan modal karena investor masuk ke saham industri ini.

Ambil contoh, Agile Group Holdings Ltd. menjadi pengembang properti China kedua yang berencana menjual saham dengan diskon 18% untuk mengumpulkan dana HK$ 783 juta setara US$ 100 juta melalui penempatan top-up.

Perusahaan ini menyebut sebagian dari hasil aksi korporasi tersebut akan digunakan untuk membayar utang. Obligasi dolar Agile jatuh tempo 2025 naik 2 sen menjadi 41,5 sen.

Agile menjual 295 juta saham masing-masing seharga HK$2,68, menurut pengajuan ke bursa, Rabu (16/11). Saham Agile diperdagangkan pada rekor terendah HK$1,49 pada akhir bulan lalu.

Sebelumnya, Country Garden Holdings Co. pada hari Selasa (15/11) juga menyatakan akan mengumpulkan dana sekitar HK$ 3,9 miliar.

Pengembang ini memanfaatkan reli saham mereka setelah pihak berwenang mengambil langkah-langkah untuk meredakan krisis kredit di industri dan spekulasi berkembang bahwa negara akan melonggarkan kebijakan Covid.

Baca Juga: Valuasi Saham Perbankan China Menurun di Tengah Kekhawatiran Kredit Macet

Indeks saham Bloomberg Intelligence dari developer China telah melonjak 60% bulan ini hingga Selasa, dengan Agile naik lebih dari dua kali lipat.

Pihak berwenang telah berusaha meredakan krisis properti dengan serangkaian tindakan dalam beberapa bulan terakhir, termasuk memangkas suku bunga, mendesak bank-bank besar untuk memperpanjang pembiayaan 1 triliun yuan (US$140 miliar) pada bulan-bulan terakhir tahun ini, dan menawarkan pinjaman khusus. melalui bank kebijakan untuk memastikan proyek properti disampaikan.

"Banyaknya langkah-langkah pelonggaran di sektor real estat yang diumumkan oleh pemerintah China minggu lalu, yang dipandang sebagai langkah positif oleh pasar, menghadirkan waktu yang tepat bagi perusahaan real estat untuk mengumpulkan dana," kata Victoria Lloyd, mitra di Praktek pasar modal Baker McKenzie di Hong Kong, dikutip dari Bloomberg (16/11).

Harga rumah China turun terbesar dalam tujuh tahun pada bulan Oktober, menggarisbawahi kedalaman penurunan yang mendorong pembuat kebijakan untuk menyelamatkan sektor tersebut.

Harga rumah baru di 70 kota, tidak termasuk perumahan bersubsidi negara, turun 0,37% bulan lalu dari September, penurunan ke-14 berturut-turut, angka Biro Statistik Nasional menunjukkan Rabu. Pasar rumah lama bernasib lebih buruk, turun 0,47%, penurunan tertajam sejak 2014.

Baca Juga: Sektor Properti Lesu, Regulator China Minta Dukungan Lembaga Keuangan




TERBARU

[X]
×