kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Hari pertama perundingan AS-China berakhir dengan senyuman


Jumat, 11 Oktober 2019 / 07:52 WIB

Hari pertama perundingan AS-China berakhir dengan senyuman
ILUSTRASI. Aides set up platforms before a group photo with members of U.S. and Chinese trade negotiation delegations at the Diaoyutai State Guesthouse in Beijing, China February 15, 2019. Mark Schiefelbein/Pool via REUTERS


KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Perundingan tingkat tinggi AS dan China pada hari pertama berakhir dengan optimisme dari kedua belah pihak. Hal ini diharapkan dapat meredakan perang dagang yang sudah berlangsung selama 15 bulan dan menunda penerapan kenaikan tarif AS yang dijadwalkan akan berlaku minggu depan.

Kemarin, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Liu He dan pejabat senior Tiongkok lainnya. Pertemuan berlangsung selama tujuh jam di markas USTR dekat Gedung Putih.

"Kami melakukan negosiasi yang sangat, sangat baik dengan China," kata Presiden AS Donald Trump kepada wartawan setelah perundingan hari pertama berakhir. Dia mengulangi pernyataan tentang rencananya untuk bertemu dengan Liu di Gedung Putih pada hari Jumat. Hal ini dianggap sebagai pertanda baik.

Baca Juga: Trump: Perundingan dagang AS-China berjalan lancar pada Kamis

Seorang pejabat Gedung Putih juga mengatakan pembicaraan berjalan sangat baik, "mungkin lebih baik dari yang diharapkan."

Liu yang tersenyum melambaikan tangan kepada wartawan sebelum meninggalkan USTR dengan Cadillac hitam, tanpa menjawab pertanyaan. Kedua pihak dijadwalkan bertemu untuk kedua kalinya pada hari Jumat ini.

Seorang pejabat Kamar Dagang AS yang diberitahu oleh kedua belah pihak mengatakan pada hari Kamis, para negosiator dapat menyetujui perjanjian di  tingkat rendah tentang isu-isu seperti mata uang dan perlindungan hak cipta, meskipun hubungan keduanya sempat memanas. 


Sumber : Reuters
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Video Pilihan


Close [X]
Close [X]
×