kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hedonis, putra tertua Kim Jong-il bangkrut


Jumat, 17 Februari 2012 / 16:59 WIB
Hedonis, putra tertua Kim Jong-il bangkrut
ILUSTRASI. Dividen emiten-emiten pelat merah diperkirakan akan menurun di tahun 2021


Reporter: Dyah Megasari, BBC |

MOSCOW. Kim Jong-nam yang merupakan putra tertua mendiang pemimpin Korea Utara Kim Jong-il, dikabarkan mengalami kesulitan setelah negara menghentikan semua bantuan keuangan karena dia meragukan kebijakan suksesi kepemimpinan negara itu.

Kabar mengejutkan ini dimuat mingguan Argumenty i Fakty terbitan Moskow. Mingguan ini juga mengabarkan Kim Jong-Nam baru saja diusir dari sebuah hotel mewah di Makau karena belum membayar biaya hotel sebesar US$ 15.000 atau hampir Rp 140 juta.

Mingguan tersebut mengutip pernyataan sumber pemerintah Makau bahwa putra tertua Kim ini dianggap sebagai calon pemimpin Korea Utara menjalani gaya hidup mewah termasuk berjudi dan makan di hotel-hotel ternama di bekas wilayah jajahan Portugis. Jong-nam pernah tertangkap di Jepang karena menggunakan paspor palsu pada 2001.

Sumber di hotel mewah Grand Lapa membisikkan bahwa Jong-Nam diusir dari kamarnya di lantai 17 karena kartu kreditnya tak bisa digunakan.

"Dia memberi kami kartu kredit Visa Gold miliknya. Namun, kartu itu tak bisa digunakan," ungkap sumber yang tak ingin disebut namanya itu.

Melawan suksesi

Masalah untuk Kim Jong-nam dimulai ketika dia mengatakan perlawanannya terhadap rencana suksesi kepemimpinan ke generasi ketiga keluarganya. Pernyataan ini disampaikan Jong-nam kepada harian Tokyo Shimbun, Januari lalu.

"Suksesi keluarga tidak sesuai dengan sosialisme dan ayah saya sangat menentang cara seperti itu," paparnya saat itu.

Seperti diketahui, Korea Utara kini dipimpin Kim Jong-Un adik tiri Kim Jong-nam setelah ayah mereka meninggal dunia Desember 2011 lalu.

"Nampaknya polibiro memutuskan menghukum si playboy komunis dan berhenti mengiriminya uang," demikian berita Argumenty mengutip Pemimpin Redaksi Harian Macau Post, Harald Bruning.

Dan, seorang sumber di pemerintahan Makau mengatakan, pemerintahnya saat ini sangat khawatir atas perkembangan dari masalah ini.

"Siapa yang tahu nasib dia di masa depan. Bagaimana jika terjadi percobaan pembunuhan terhadap dia, sebuah bom atau pembunuh bayaran? Kami tidak menginginkan masalah," jelas sumber itu.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×