kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Honda Motor memperkirakan penurunan laba operasi tahunan hingga 68% akibat Covid-19


Rabu, 05 Agustus 2020 / 15:51 WIB
Honda Motor memperkirakan penurunan laba operasi tahunan hingga 68% akibat Covid-19
ILUSTRASI. Honda Motor. REUTERS/Toru Hanai/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD PACKAGE - SEARCH 'BUSINESS WEEK AHEAD MAY 9' FOR ALL IMAGES


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Honda Motor memperkirakan penurunan 68% laba operasi tahunan perusahaan ke level terendah dalam 10 tahun terakhir. Permintaan mobil global diperkirakan akan anjlok karena pandemi virus corona (Covid-19).

Produsen mobil nomor 3 di negara itu memperkirakan laba akan merosot menjadi 200 miliar yen (US$ 1,89 miliar) hingga akhir Maret 2021. Nilai tersebut terlemah sejak tahun 2010/11 dan perkiraan analis yang rendah.

Honda bersiap untuk penurunan 6% target penjualan kendaraan secara tahunan setelah pada kuarta lalu terjun 40%. Akibatkan perusahaan mengalami kerugian operasional hingga 113,7 miliar yen. Produsen mobil global mendapat pukulan besar dari wabah virus corona, lantaran harus menutup pabrik dan membuat pelanggan untuk membeli.

Baca Juga: Ajukan paten, Honda beri sinyal kembalinya Honda CR-Z

Produsen crossover SUV CR-V dan Fit hatchback kompak mengharapkan untuk menjual 4,5 juta kendaraan tahun ini, dibandingkan 4,79 juta tahun lalu. Ini memprediksi penurunan penjualan 16% di Amerika Utara, pasar utama di mana Amerika Serikat yang saat ini berjuang untuk mengendalikan lonjakan infeksi virus.

"Jika situasi saat ini terus berlanjut, kami pikir situasinya tidak akan menjadi lebih buruk (daripada yang kita lihat awal tahun ini), tetapi akan membutuhkan waktu untuk permintaan untuk pulih ke tingkat pra-pandemi," kata Wakil Presiden Eksekutif Seiji Kuraishi dikutip dari Reuters.

Meskipun penjualan lebih lemah di Amerika Utara, Honda mengharapkan penjualan tahunan di Asia meningkat 8%. China, salah satu pasar terbesar Honda, telah menjadi titik terang yang langka bagi banyak produsen mobil global, karena permintaan di pasar mobil terbesar dunia telah pulih lebih cepat daripada di negara lain.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×