kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Huawei akan melawan upaya Jaksa AS mendiskualifikasi pengacaranya


Jumat, 03 Mei 2019 / 21:51 WIB
Huawei akan melawan upaya Jaksa AS mendiskualifikasi pengacaranya


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - Huawei Technologies mengatakan akan menentang keras mosi yang diajukan jaksa Amerika Serikat (AS) yang pada hari Kamis mendiskualifikasi pengacara pembela utamanya Huawei ari sebuah kasus yang menuduh perusahaan China melakukan penipuan bank dan pelanggaran sanksi.

Mengutip Reuters, Jumat (3/5) menurut pengajuan di Pengadilan Distrik AS di Brooklyn, New York, pemerintah AS berusaha mengeluarkan James Cole dari kasus ini.
Cole merupakan pejabat Nomor 2 di Departemen Kehakiman antara 2011 dan 2015, periode di mana Amerika Serikat memperoleh informasi tentang bagaimana Huawei mungkin melakukan bisnis di Iran yang melanggar sanksi A.S.

Huawei menyebut AS tidak mengungkapkan kepada publik mengapa mereka berusaha menghapus Cole dari kasus ini. Namun dalam sebuah surat kepada pengadilan, jaksa penuntut mengatakan mereka telah mengajukan mosi tersegel dan rahasia untuk mendiskualifikasi Cole dan diharapkan untuk mengajukan versi publik pada 10 Mei.

Huawei mengatakan dalam sebuah pernyataan melalui email kepada Reuters bahwa mereka memilih Jim Cole sebagai pengacaranya pada tahun 2017. “Kami tidak melihat fakta dari pemerintah yang akan membenarkan diskualifikasi dia. Huawei akan dengan keras menentang gerakan pemerintah, "tulis Huawei.

Kasus Huawei ini telah meningkatkan ketegangan antara Beijing dan Washington ketika dua kekuatan ekonomi dunia tersebut berusaha mencapai kesepakatan perdagangan.

Kemaramarah  China memuncak ketika Kepala Keuangan Huawei Meng Wanzhou, putri pendiri Huawei Ren Zhengfei, ditangkap di Kanada pada bulan Desember atas perintah pihak berwenang A.S.

Huawei didakwa melakukan penipuan bank dan kawat, melanggar sanksi terhadap Iran dan menghalangi keadilan. Meng, yang harus menjawab beberapa dakwaan, mengatakan dia tidak bersalah dan berjuang melawan ekstradisi. Dia dijadwalkan di pengadilan di Vancouver pada 8 Mei.

Sementara, Cole mengajukan pembelaan tidak bersalah atas nama perusahaan dan anak perusahaan A.S. pada 14 Maret di Brooklyn.

Inti dari kasus ini adalah bahwa Meng dan Huawei diduga berkonspirasi untuk menipu HSBC Holdings Plc dan bank-bank lain dengan salah menggambarkan hubungan Huawei dengan Skycom Tech Co Ltd, sebuah perusahaan yang diduga beroperasi di Iran.

Huawei mengatakan Skycom merupakan mitra bisnis lokal, sementara Amerika Serikat menyatakan Skycom adalah anak perusahaan tidak resmi yang digunakan untuk menyembunyikan bisnis Iran di Huawei.

Pihak berwenang AS mengklaim Huawei menggunakan Skycom untuk memperoleh barang, teknologi, dan layanan AS yang diembargo di Iran, dan untuk memindahkan uang melalui sistem perbankan internasional.

Penuntut AS mengatakan bulan lalu bahwa mereka berencana untuk menggunakan informasi tentang Huawei yang diperoleh melalui pengawasan rahasia dalam kasus ini.
Pada bulan Maret, Reuters merinci bagaimana otoritas A.S. secara diam-diam melacak aktivitas Huawei, termasuk mengumpulkan informasi yang disalin dari perangkat elektronik yang dibawa oleh eksekutif telekomunikasi Tiongkok yang bepergian melalui bandara.

Pada bulan Februari, Reuters secara eksklusif melaporkan bagaimana penyelidikan internal HSBC membantu menyebabkan tuduhan A.S. terhadap Huawei dan CFO-nya.
Referensi surat dakwaan melaporkan oleh Reuters dari enam tahun lalu bahwa Skycom menawarkan untuk menjual peralatan komputer Hewlett-Packard yang diembargo kepada operator telepon seluler terbesar Iran.

Tautan rinci pelaporan antara Huawei dan Skycom, termasuk Meng telah menjabat sebagai dewan direksi Skycom pada 2008 dan 2009.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×