kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hwangsong-12, rudal Korut yang diyakini bisa mencapai New York


Kamis, 08 Oktober 2020 / 08:20 WIB
Hwangsong-12, rudal Korut yang diyakini bisa mencapai New York
ILUSTRASI. Korea Utara diyakini para analis terus meningkatkan kemampuan militernya dalam beberapa tahun terakhir. KCNA/via REUTERS


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - PYONGYANG. Korea Utara diyakini para analis terus meningkatkan kemampuan militernya dalam beberapa tahun terakhir. Pyongyang diyakini sudah bisa menembakkan rudal, yang di atas kertas, bisa mencapai New York.

Juga, Korut diperkirakan sudah bisa mengembangkan bom hidrogen, yang kekuatannya enam kali lebih dahsyat dari bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima, Jepang, pada 1945. 

Catatan menunjukkan, sepanjang 2017, Korea Utara menguji coba beberapa rudal yang memperlihatkan kemajuan pesat di bidang teknologi militer. 

Rudal Hwasong-12 misalnya diperkirakan memiliki daya jangkau hingga 4.500 km yang bisa dipakai untuk menyerang pangkalan militer Amerika Serikat di Guam di Samudra Pasifik. Korut juga sudah menguji coba Hwasong-14, yang menurut beberapa kajian, bisa menempuh jarak 10.000 kilometer jika ditembakkan dengan trajektori maksimum. 

Baca Juga: Korut kepada PBB: Kami sudah memiliki pencegah perang yang andal dan efektif

Dengan spesifikasi seperti ini, Hwasong-14 menjadi rudal balistik antarbenua pertama yang dimiliki Korut yang bisa dipakai untuk menembak sasaran di New York. Di luar itu, Pyongyang menguji coba Hwasong-15 yang bisa ditembakkan ke angkasa setinggi 4.500 kilometer atau 10 kali lebih tinggi dibandingkan Stasiun Ruang Angkasa Internasional. 

Jika ditembakkan dengan trajektori yang konvensional yang lebih landai, rudal ini punya daya jelajah maksimum 13.000 kilometer. Artinya, seluruh daratan AS berada dalam jangkauan tembak Korut. 

Baca Juga: Penjaga pantai: Pejabat perikanan Korsel diduga mencoba membelot ke Korea Utara

Meski demikian, masih ada keraguan apakah rudal-rudal ini sukses membawa hulu ledak. Yang kedua, apakah Korut punya kemampuan menembak sasaran di tempat-tempat yang jauh secara akurat?




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×