kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,72   2,08   0.22%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inflasi inti Jepang capai level tertinggi dalam 15 bulan, ini penyebabnya


Selasa, 20 Juli 2021 / 08:04 WIB
Inflasi inti Jepang capai level tertinggi dalam 15 bulan, ini penyebabnya
ILUSTRASI. Inflasi inti Jepang di bulan Juni 2021 0,2%, tertinggi dalam 15 bulan


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Harga konsumen inti Jepang pada bulan Juni 2021 naik 0,2% dibanding tahun sebelumnya. Ini menandai laju tahunan tercepat dalam lebih dari setahun, dan menjadi tanda dampak inflasi komoditas global meluas secara bertahap.

Namun, kenaikan inflasi inti tersebut, sebagian besar didorong oleh lonjakan harga energi yang lebih tinggi, jauh lebih kecil daripada ekonomi utama lainnya karena konsumsi yang lemah. Hal ini memperkuat ekspektasi Bank of Japan (BOJ) akan dipaksa untuk mempertahankan stimulus besar-besaran untuk saat ini.

Kenaikan indeks harga konsumen inti (CPI), yang mencakup produk minyak tetapi tidak termasuk harga makanan segar yang bergejolak, sesuai dengan perkiraan pasar dengan median untuk kenaikan 0,2% dan mengikuti kenaikan 0,1% pada bulan Mei.

Kenaikan, yang merupakan yang tercepat sejak Maret 2020, sebagian besar disebabkan oleh lonjakan 4,6% pada biaya energi dengan harga bensin naik 17,9% sebagai tanda bahwa rumah tangga menghadapi biaya hidup yang lebih tinggi.

"Ini adalah inflasi dengan jenis dorongan biaya yang kemungkinan tidak akan berjalan, dengan barang-barang yang menopang harga sebagian besar terkait energi," kata Yasunari Ueno, Chief Market Economist Mizuho Securities.

Baca Juga: Kota Ho Chi Minh berubah menjadi kota hantu di Vietnam, ini ceritanya

Beberapa negara, termasuk Amerika Serikat dan Inggris, telah melihat inflasi naik lebih cepat dari yang diperkirakan karena permintaan pulih dari pandemi virus corona. Ini memicu perdebatan tentang seberapa cepat mereka harus menghentikan stimulus ekonomi di negara masing-masing. 

Dengan inflasi yang masih jauh di bawah target 2%, BOJ kemungkinan akan tertinggal jauh di belakang rekan-rekannya dalam memangkas dukungan moneter besar-besaran untuk mendukung pemulihan yang rapuh.

Sementara inflasi komoditas global telah mendorong harga grosir di Jepang, harga konsumen hampir tidak naik karena perusahaan tetap berhati-hati dalam membebankan biaya yang lebih tinggi kepada rumah tangga.

Dari data IHK Juli yang jatuh tempo pada 20 Agustus, pemerintah akan menggunakan tahun dasar baru yang akan mengarah pada penyesuaian bobot beberapa item penyusun indeks.

Banyak analis memproyeksikan perubahan untuk mendorong CPI inti kembali ke wilayah negatif karena perkiraan peningkatan bobot biaya ponsel, yang telah menurun baru-baru ini.

Ueno dari Mizuho Securities memperkirakan perubahan tahun dasar akan menekan CPI inti sekitar 0,2% poin.

Kebangkitan infeksi Covid-19 memaksa pemerintah untuk memberlakukan keadaan darurat baru di kota tuan rumah Olimpiade Tokyo sejak Senin hingga 22 Agustus mendatang. Ini menghancurkan harapan pembuat kebijakan untuk rebound yang solid dalam pertumbuhan ekonomi pada periode Juli-September.

Dalam proyeksi kuartalan baru yang dirilis pada hari Jumat (16/7), BOJ memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi Jepang untuk tahun fiskal yang berakhir pada Maret 2022 menjadi 3,8% dari 4,0%. Pemangkasan proyeksi pertumbuhan ekonomi ini sebagian karena pembatasan baru.

Hal ini juga membuat BOJ merevisi perkiraan CPI inti tahun ini menjadi 0,6% dari 0,1%, sebagian besar mencerminkan dorongan dari harga energi yang lebih tinggi.

Selanjutnya: Wall Street ambles, kekhawatiran lonjakan baru Covid-19 picu aksi jual besar-besaran




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×