kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini apologi lengkap Mark Zuckerberg yang akan disampaikan di parlemen AS besok


Selasa, 10 April 2018 / 15:35 WIB
Ini apologi lengkap Mark Zuckerberg yang akan disampaikan di parlemen AS besok
ILUSTRASI. Facebook CEO Zuckerberg menunggu bertemu Senator Nelson di Capitol Hill, Washington


Reporter: Hasbi Maulana | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON, USA. Chief Executive Facebook Inc Mark Zuckerberg akan memberikan kesaksian dalam sebuah sidang dengar pendapat dengan Konggres Amerika Serikat, Rabu, 11 April 2018, besok.

Dalam sidang bertajuk "Facebook: Tranparency & Use of Consumer Data" tersebut, Zuckerberg akan ditanya bagaimana 87 juta data pengguna Facebook dibagikan secara tidak semestinya kepada konsultan politik, Cambridge Analytica.

Mark kemungkinan akan menghadapi pertanyaan tentang iklan dan posting yang ditempatkan oleh operator Rusia, yang menurut otoritas AS, merupakan upaya untuk mempengaruhi pemilihan umum AS pada 2016.

"Kami tidak mengambil pandangan yang cukup luas tentang tanggung jawab kami, dan itu adalah kesalahan besar," katanya dalam pernyataan tertulis yang dikeluarkan oleh Komisi Energi dan Perdagangan AS di AS pada Senin. "Itu kesalahan saya, dan saya minta maaf."

Reuters menulis, jika Zuckerberg tidak memberikan jawaban memuaskan minggu ini, Kongres cenderung mendorong undang-undang baru untuk secara ketat mengatur Facebook. Peraturan yang lebih ketat tentang bagaimana Facebook menggunakan data anggotanya dapat mempengaruhi kemampuannya untuk menarik pendapatan iklan, sumber kehidupannya.

Saham Facebook ditutup naik 0,5% pada hari Senin. Meski demikian, harganya masih turun hampir 17% dari titik tertinggi pada Januari, di tengah aksi jual teknologi yang lebih luas, sebagian karena kekhawatiran investor tentang regulasi baru.

Seperti apa apologi Mark atas kehebohan yang mencuat akhir-akhir ini? Berikut pernyataan kesaksian lengkap yang akan dia bacakan dalam sidang dengar pendapat besok. Naskah ini merupakan terjemahan dari pernyataan kesaksian yang dirilis oleh Komisi Energi dan Perdagangan AS, U.S. House of Representatives.

HEARING BEFORE THE UNITED STATES HOUSE OF REPRESENTATIVES
COMMITTEE ON ENERGY AND COMMERCE

April 11, 2018

Testimony of Mark Zuckerberg Chairman and Chief Executive Officer, Facebook

I. PENDAHULUAN

Ketua Walden, Anggota Member Pallone, dan Para Anggota Komisi, 

Kami menghadapi sejumlah masalah penting seputar privasi, keamanan, dan demokrasi, dan Anda berhak megajukan beberapa pertanyaan sulit untuk saya jawab. Sebelum saya berbicara tentang langkah-langkah yang kami ambil untuk mengatasinya, saya ingin berbicara tentang bagaimana kami sampai di sini.

Facebook adalah perusahaan yang idealis dan optimis. Untuk sebagian besar dari keberadaan kami, kami berfokus pada semua kebaikan yang mungkin terbawa oleh keterhubungan orang-orang. Seiring pertumbuhan Facebook, orang-orang di mana saja mendapatkan piranti baru yang kuat untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang mereka cintai, membuat suara mereka didengar, serta membangun komunitas dan bisnis. Baru-baru ini kami telah melihat gerakan #metoo dan March for Our Lives, yang diselenggarakan, setidaknya sebagian, di Facebook. Setelah Hurricane Harvey, orang-orang mengumpulkan lebih dari $ 20 juta untuk bantuan. Dan lebih dari 70 juta bisnis kecil sekarang menggunakan Facebook untuk tumbuh dan menciptakan lapangan kerja.

Tetapi sudah jelas sekarang bahwa kami tidak melakukan upaya yang cukup untuk mencegah alat ini juga digunakan untuk menyakiti. Itu berlaku pada berita palsu, campur tangan asing dalam pemilu, dan ungkapan kebencian, juga pengembang aplikasi dan privasi data. Kami tidak mengambil pandangan yang cukup luas tentang tanggung jawab kami, dan itu adalah kesalahan besar. Itu adalah kesalahan saya, dan saya minta maaf. Saya memulai Facebook, saya menjalankannya, dan saya bertanggung jawab atas apa yang terjadi di sini.

Jadi sekarang kami harus melalui setiap bagian dari hubungan kami dengan orang-orang dan memastikan kami
mengambil pandangan yang cukup luas tentang tanggung jawab kami.

Tidak cukup hanya menghubungkan orang, kami harus memastikan koneksi tersebut positif. Tidak cukup hanya memberi suara kepada orang-orang, kami harus memastikan orang-orang tidak menggunakannya untuk menyakiti orang lain atau menyebarkan informasi yang salah. Tidak cukup pula untuk memberikan kontrol kepada orang-orang terhadap informasi mereka, kami harus memastikan para pengembang yang mereka beri informasi juga melindunginya. Kami memiliki tanggung jawab untuk tidak hanya membangun alat, tetapi juga untuk memastikan alat-alat itu digunakan untuk kebaikan.

Perlu waktu untuk mengerjakan semua perubahan yang perlu kami lakukan, tetapi saya berkomitmen untuk melakukannya dengan benar.

Itu termasuk meningkatkan cara kami melindungi informasi tentang orang-orang dan turut menjaga pemilihan umum di seluruh dunia. 

Berikut beberapa hal penting yang kami lakukan:

II. CAMBRIDGE ANALYTICA
Selama beberapa minggu terakhir, kami telah bekerja untuk memahami dengan tepat apa yang terjadi dengan Cambridge Analytica dan mengambil langkah-langkah untuk memastikan ini tidak terjadi lagi. Kami mengambil tindakan penting untuk mencegah hal yang terjadi empat tahun lalu terulang lagi hari ini, tetapi kami juga melakukan kesalahan, masih banyak yang harus dilakukan, dan kami harus meningkatkan dan mengerjakannya.

A. Apa yang Terjadi
Pada tahun 2007, kami meluncurkan platform Facebook dengan visi bahwa lebih banyak aplikasi harus bersifat sosial. Kalender Anda seharusnya dapat menampilkan ulang tahun teman Anda, peta Anda harus menunjukkan tempat teman Anda tinggal, dan buku alamat Anda harus menunjukkan gambar mereka. Untuk melakukan ini, kami memungkinkan orang masuk ke aplikasi dan berbagi tentang siapa saja teman mereka dan beberapa informasi tentang mereka.

Pada 2013, seorang peneliti Universitas Cambridge bernama Aleksandr Kogan membuat aplikasi kuis kepribadian. Aplikasi itu diinstal oleh sekitar 300.000 orang yang setuju untuk berbagi beberapa informasi Facebook mereka serta beberapa informasi dari teman-teman mereka yang pengaturan privasinya memungkinkan untuk itu. Mengingat cara platform kami bekerja pada saat itu, berarti Kogan dapat mengakses beberapa informasi tentang puluhan juta teman mereka.

Pada tahun 2014, untuk mencegah aplikasi yang merusak, kami mengumumkan bahwa kami mengubah seluruh platform untuk membatasi secara dramatis informasi Facebook yang dapat diakses oleh aplikasi. Yang terpenting, aplikasi seperti milik Kogan tidak lagi dapat meminta informasi tentang teman seseorang kecuali teman mereka juga telah memberi otorisasi aplikasi. Kami juga mengharuskan pengembang aplikasi untuk mendapatkan persetujuan dari Facebook sebelum mereka bisa meminta data apa pun di luar profil publik, daftar teman, dan alamat email pengguna. Tindakan ini untuk mencegah aplikasi apa pun seperti milik Kogan agar tidak bisa mengakses sebanyak-banyaknya data Facebook hari ini.

Pada 2015, kami mengetahui dari jurnalis di The Guardian bahwa Kogan telah berbagi data dari aplikasinya dengan Cambridge Analytica. Hal itu bertentangan dengan kebijakan kami terhadap para pengembang aplikasi dalam hal berbagi data tanpa persetujuan orang, sehingga kami segera melarang aplikasi Kogan dari platform kami, dan menuntut Kogan dan entitas lain yang ia berikan datanya, termasuk Cambridge Analytica, secara resmi menyatakan bahwa mereka telah menghapus semua data yang diperolehnya secara tidak benar. - yang pada akhirnya mereka lakukan.

Bulan lalu, kami mengetahui dari The Guardian, The New York Times, dan Channel 4 bahwa Cambridge Analytica mungkin tidak menghapus data seperti yang telah mereka jamin. Kami segera melarang mereka menggunakan layanan kami. Cambridge Analytica mengklaim bahwa mereka telah menghapus data dan telah menyetujui audit forensik oleh perusahaan yang kami sewa untuk menyelidiki hal ini. Kami juga bekerja dengan U.K. Information Commissioner’s Office, yang memiliki yurisdiksi atas Cambridge Analytica, dan mereka telah menyelesaikan penyelidikannya terhadap apa yang terjadi.

B. Apa yang Kami Lakukan
Kami memiliki tanggung jawab untuk memastikan apa yang terjadi dengan Kogan dan Cambridge Analytica tidak terjadi lagi. Berikut ini beberapa langkah yang kami ambil:

• Menjaga platform kami. Kami perlu memastikan bahwa pengembang seperti Kogan yang mendapat akses ke banyak informasi di masa lalu tidak dapat memperoleh akses ke banyak informasi di masa mendatang.

  • Kami membuat beberapa perubahan besar pada platform Facebook pada tahun 2014, yang secara dramatis membatasi jumlah data yang dapat diakses oleh pengembang dan ditinjau secara proaktif di platform kami. Ini membuat pengembang hari ini tidak bisa melakukan apa Kogan lakukan bertahun-tahun lalu.
  • Tetapi ada lebih banyak yang dapat kami lakukan di sini untuk membatasi pengembang informasi mengakses dan menempatkan lebih banyak perlindungan di tempat untuk mencegah penyalahgunaan.
  • Kami menghapus akses pengembang ke data Anda jika Anda belum menggunakan aplikasi mereka dalam tiga bulan.
  • Kami mengurangi data yang Anda berikan aplikasi saat Anda hanya menyetujui nama, foto profil, dan alamat email Anda. Itu jauh lebih sedikit daripada yang bisa didapatkan aplikasi di platform aplikasi utama lainnya.
  • Kami mewajibkan pengembang untuk tidak hanya mendapatkan persetujuan tetapi juga menandatangani kontrak yang memberlakukan persyaratan ketat bagi siapa pun yang meminta makses terhadap unggahan mereka atau data pribadi lainnya.
  • Kami membatasi lebih banyak API, seperti grup dan acara. Anda harus dapat masuk ke aplikasi dan membagikan informasi publik Anda dengan mudah, tetapi apa pun yang mungkin Anda bagikan tentang informasi orang lain - seperti posting orang lain dalam grup yang Anda ikuti atau kehadiran orang lain ke suatu acara yang akan Anda datangi - akan jauh lebih banyak terbatas.
  • Dua minggu yang lalu, kami menemukan bahwa fitur yang memungkinkan Anda mencari seseorang dengan nomor telepon dan email mereka disalahgunakan. Fitur ini berguna jika orang-orang memiliki nama yang sama, tetapi disalahgunakan untuk menautkan informasi Facebook publik orang ke nomor telepon yang sudah mereka miliki. Ketika kami mengetahui tentang penyalahgunaan, kami menutup fitur ini.

• Investigasi aplikasi lain. Kami sedang dalam proses menyelidiki setiap aplikasi yang memiliki akses ke sejumlah besar informasi sebelum kami mengunci platform kami pada tahun 2014. Jika kami mendeteksi aktivitas yang mencurigakan, kami akan melakukan audit forensik lengkap. Dan jika kami menemukan bahwa seseorang menggunakan data secara tidak benar, kami akan mencekalnya dan memberi tahu semua orang yang terpengaruh.

• Membangun kontrol yang lebih baik. Terakhir, kami mempermudah untuk memahami aplikasi mana yang Anda izinkan untuk mengakses data Anda. Minggu ini kami mulai menunjukkan kepada semua orang daftar aplikasi yang Anda gunakan dan cara mudah untuk mencabut izin mereka terhadap data Anda. Anda sudah dapat melakukannya di pengaturan privasi Anda, tetapi kami akan menaruhnya di bagian atas Umpan Berita untuk memastikan semua orang melihatnya. Dan kami juga memberi tahu semua orang yang informasi Facebooknya mungkin telah dibagikan dengan Cambridge Analytica.

Di luar langkah-langkah yang telah kami ambil pada tahun 2014, saya yakin ini adalah langkah selanjutnya yang harus kami ambil untuk terus mengamankan platform kami.

III. INTERFERENSI PEMILU OLEH ORANG RUSIA
Misi Facebook adalah memberikan suara kepada orang-orang dan menyatukan orang-orang. Itu adalah nilai yang sangat demokratis dan kami bangga dengannya. Saya tidak ingin siapa pun menggunakan alat kami untuk merusak demokrasi. Bukan itu yang kami perjuangkan.

Kami terlalu lambat untuk mengenali dan menanggapi gangguan Rusia, dan kami bekerja keras untuk menjadi lebih baik. Kecanggihan kami dalam menangani ancaman ini berkembang dan meningkat dengan cepat. Kami akan terus bekerja dengan pemerintah untuk memahami sepenuhnya campur tangan Rusia, dan kami akan melakukan bagian kami tidak hanya untuk memastikan integritas pemilu yang bebas dan adil di seluruh dunia, tetapi juga untuk memberikan suara kepada semua orang dan menjadi kekuatan bagi bagus dalam demokrasi di mana-mana.

A. Apa yang Terjadi
Pemilihan selalu merupakan waktu yang sangat sensitif bagi tim keamanan kami, dan pemilihan presiden AS tahun 2016 tidak terkecuali.

Tim keamanan kami telah menyadari ancaman cyber tradisional Rusia - seperti peretasan dan malware - selama bertahun-tahun. Menjelang Hari Pemilihan pada November 2016, kami mendeteksi dan menangani beberapa ancaman terkait dengan Rusia. Ini termasuk kegiatan oleh kelompok yang disebut APT28, bahwa pemerintah AS secara publik terkait dengan dinas intelijen militer Rusia.

Tapi sementara fokus utama kami adalah pada ancaman tradisional, kami juga melihat beberapa perilaku baru di musim panas 2016 ketika akun terkait APT28, di bawah bendera DC Leaks, menciptakan personas palsu yang digunakan untuk menyimpan informasi yang dicuri kepada jurnalis. Kami menutup akun-akun ini karena melanggar kebijakan kami.

Setelah pemilihan, kami terus menyelidiki dan mempelajari lebih lanjut tentang ancaman baru ini. Apa yang kami temukan adalah bahwa para aktor yang buruk telah menggunakan jaringan terkoordinasi dari akun palsu untuk ikut campur dalam pemilihan: mempromosikan atau menyerang calon dan kaukus tertentu, menciptakan ketidakpercayaan terhadap institusi politik, atau hanya menyebarkan kebingungan. Beberapa aktor buruk ini juga menggunakan alat iklan kami.

Kami juga belajar tentang kampanye disinformasi yang dijalankan oleh Internet Research Agency (IRA) - sebuah agen Rusia yang telah berulang kali bertindak dengan menipu dan mencoba memanipulasi orang di AS, Eropa, dan Rusia. Kami menemukan sekitar 470 akun dan halaman yang terkait dengan IRA, yang menghasilkan sekitar 80.000 posting Facebook selama sekitar dua tahun.

Perkiraan terbaik kami adalah sekitar 126 juta orang mungkin telah dilayani konten dari Facebook Page yang terkait dengan IRA di beberapa waktu selama periode tersebut. Di Instagram, kami menemukan sekitar 120.000 konten, dan memperkirakan bahwa 20 juta orang tambahan mungkin juga melangganinya. 

Selama periode yang sama, IRA juga menghabiskan sekitar $ 100.000 untuk lebih dari 3.000 iklan di Facebook dan Instagram, yang dilihat oleh sekitar 11 juta orang di Amerika Serikat. Kami menutup akun IRA ini pada bulan Agustus 2017.

B. Apa yang Kami Lakukan
Tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa kami seharusnya melihat gangguan Rusia sebelumnya, dan kami bekerja keras untuk memastikan itu tidak terjadi lagi. Tindakan kami meliputi:

• Membangun teknologi baru untuk mencegah penyalahgunaan. Sejak tahun 2016, kami telah meningkatkan teknik kami untuk mencegah negara-negara ikut campur dalam pemilu asing, dan kami telah membangun alat AI yang lebih canggih untuk menghapus akun palsu secara lebih umum. Ada sejumlah pemilihan umum penting sejak saat itu di mana alat-alat baru ini berhasil diterapkan.

Sebagai contoh:
- Di Prancis, menjelang pemilihan presiden pada tahun 2017, kami menemukan dan menurunkan 30.000 akun palsu.
- Di Jerman, sebelum pemilihan 2017, kami bekerja langsung dengan komisi pemilihan untuk belajar dari mereka tentang ancaman yang mereka lihat dan untuk berbagi informasi.
- Dalam pemilihan khusus Senat Alabama AS tahun lalu, kami mengerahkan alat AI baru yang secara proaktif mendeteksi dan menghapus akun palsu dari Macedonia yang mencoba menyebarkan informasi yang salah.
- Kami telah menonaktifkan ribuan akun yang terikat dengan spammers berita palsu yang terorganisir dan termotivasi secara finansial. Investigasi ini telah digunakan untuk meningkatkan sistem otomatis kami yang menemukan akun palsu.
- Minggu lalu, kami mencatat lebih dari 270 page tambahan dan akun dioperasikan oleh IRA dan digunakan untuk menargetkan orang-orang di Rusia dan orang-orang berbahasa Rusia di negara-negara seperti Azerbaijan, Uzbekistan dan Ukraina. Beberapa halaman yang kami hapus milik organisasi berita Rusia yang kami simpulkan dikendalikan oleh IRA.

• Secara signifikan meningkatkan investasi kami dalam keamanan. Kami sekarang memiliki sekitar 15.000 orang yang bekerja untuk keamanan dan tinjauan konten. Kami akan memiliki lebih dari 20.000 orang pada akhir tahun ini.

  • Saya telah mengarahkan tim kami untuk berinvestasi dalam keamanan -di atas investasi lain yang kami lakukan- bahwa itu akan secara signifikan berdampak pada profitabilitas kami di masa mendatang. Tetapi saya ingin menjadi jelas tentang apa prioritas kami: melindungi komunitas kami lebih penting daripada memaksimalkan keuntungan kami.
  • Memperkuat kebijakan periklanan kami. Kami tahu beberapa Anggota Kongres sedang mencari cara untuk meningkatkan transparansi seputar iklan politik atau isue, dan kami senang dapat tetap bekerja dengan Kongres untuk itu. Tapi kami tidak menunggu undang-undang untuk bertindak.
  • Mulai sekarang, setiap pengiklan yang ingin menjalankan iklan politik atau isue harus diotorisasi. Untuk mendapatkan otorisasi, pengiklan harus mengonfirmasi identitas dan lokasinya. Setiap pengiklan yang tidak lolos akan dilarang menjalankan iklan politik atau isue. Kami juga akan memberi label kepada mereka dan pengiklan harus menunjukkan kepada Anda siapa yang membayarnya. Kami memulai ini di AS dan berkembang ke seluruh dunia dalam beberapa bulan mendatang.
  • Untuk transparansi iklan politik yang lebih besar, kami juga membuat alat yang memungkinkan siapa pun melihat semua iklan yang tengah dijalankan sebuah halaman. Kami sedang menguji ini di Kanada sekarang dan kami akan meluncurkannya secara global musim panas ini. Kami juga membuat arsip iklan politik masa lalu yang dapat dicari.
  • Kami juga akan mengharuskan orang yang mengelola halaman besar untuk diverifikasi juga. Ini akan membuat lebih sulit bagi orang menjalankan halaman menggunakan akun palsu, atau untuk tumbuh secara viral dan menyebarkan informasi yang salah atau memecah belah dengan cara itu.
  • Untuk mewajibkan verifikasi terhadap semua laman dan pengiklan ini, kami akan mempekerjakan ribuan orang lagi. Kami berkomitmen untuk menyelesaikannya tepat pada waktunya untuk bulan-bulan penting sebelum pemilihan 2018 di AS serta pemilihan di Meksiko, Brasil, India, Pakistan, dan tempat lain di tahun depan.
  • Langkah-langkah ini sendiri tidak akan menghentikan semua orang yang mencoba memainkan sistem. Tetapi mereka akan dibuat jauh lebih sulit untuk melakukan apa yang dilakukan orang Rusia selama pemilu 2016 dan menggunakan akun dan halaman palsu untuk menjalankan iklan. Intervensi pemilu adalah masalah yang lebih besar dari satu platform apa pun, dan itulah sebabnya kami mendukung Undang-Undang Iklan Jujur. Ini akan membantu meningkatkan standar untuk semua iklan politik online.

• Berbagi informasi. Kami telah bekerja sama dengan perusahaan teknologi lainnya untuk berbagi informasi tentang ancaman, dan kami juga bekerja sama dengan pemerintah AS dan asing untuk integritas pemilu.

Pada saat yang sama, penting juga untuk tidak melupakan cara yang lebih mudah dan lebih besar yang dimainkan Facebook dalam pemilihan umum.

Pada 2016, orang memiliki miliaran interaksi dan diskusi terbuka di Facebook yang mungkin tidak pernah terjadi secara offline. Kandidat memiliki saluran langsung untuk berkomunikasi dengan puluhan juta warga. Kampanye menghabiskan puluhan juta dolar untuk mengatur dan beriklan secara online demi menyampaikan pesan mereka lebih jauh. Dan kami mengorganisir upaya "keluar untuk memilih" yang membantu lebih dari 2 juta orang mendaftar untuk memilih.

Keamanan -termasuk di sekitar pemilihan- bukanlah masalah yang Anda pecahkan sepenuhnya. Organisasi seperti IRA adalah musuh canggih yang terus berkembang, tetapi kami akan terus meningkatkan teknik kami untuk tetap berada di depan. Dan kami juga akan terus membuat alat untuk membantu lebih banyak orang membuat suara mereka didengar dalam proses demokrasi.

IV. KESIMPULAN
Prioritas utama saya selalu adalah misi sosial kami untuk menghubungkan orang-orang, membangun komunitas, dan membawa dunia lebih dekat bersama. Pengiklan dan pengembang aplikasi tidak akan pernah menggantikan rioritas itu selama saya menjalankan Facebook.

Saya memulai Facebook ketika saya masih kuliah. Kami sudah berjalan jauh sejak saat itu. Kami sekarang melayani lebih dari 2 miliar orang di seluruh dunia, dan setiap hari, orang menggunakan layanan kami untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang paling berarti bagi mereka. Saya sangat percaya dengan apa yang kami lakukan. Dan ketika kami menghadapi tantangan ini, saya tahu kami akan melihat ke belakang dan melihat bahwa membantu orang saling terhubung dan memungkinkan lebih banyak orang bersuara merupakan kekuatan positif di dunia.

Saya menyadari bahwa masalah yang kami bicarakan saat ini bukan hanya masalah untuk Facebook dan komunitas kami -mereka adalah tantangan bagi kita semua sebagai orang Amerika. Terima kasih atas kesediaan mengundang saya hari ini, dan saya siap menjawab pertanyaan Anda.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×