kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini penyebab Microsoft Office berjalan lebih lambat di Macbook keluaran terbaru


Senin, 16 November 2020 / 19:15 WIB
Ini penyebab Microsoft Office berjalan lebih lambat di Macbook keluaran terbaru


Penulis: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID - Apple baru saja mengumumkan lini MacBook terbarunya dengan prosesor buatan mereka. Hanya, Office 2019 dadn Office 365 kabarnya berjalan lebih lambat ketika baru dibuka pertama kali.

Sebagai perusahaan teknologi yang besar, Apple selalu menghadirkan produk terbaru. Selain iPhone 12 yang rilis beberapa waktu lalu, Apple juga  menyiapkan produk lainnya yang tidak kalah menarik.

Menariknya, Apple juga meracik MacBook dan iMac dengan chip buatannya sendiri. Chip yang bernama M1 ini digadang-gadang menggunakan konsumsi daya yang kecil namun performanya kencang.

Prosesor terbaru milik Apple tersebut tentu saja menggunakan arsitektur yang berbeda dari sebelumnya. Juga, berbeda dengan prosesor mainstream yang ada di pasaran.

Baca Juga: Macbook Apple Silicon bisa membuka aplikasi iPhone, apa saja ya?

MacBook Pro 13-inci dengan chip M1

Karena arsitektur yang berbeda tersebut, kabarnya membuat salah satu aplikasi tidak berjalan optimal.

Misalnya, Microsoft Office 2019 dan Office 365. Aplikasi yang populer digunakan untuk memudahkan pekerjaan ini masih belum begitu optimal di MacBook terbaru.

Mengutip dari Neowin.com, ketika pertama kali baru membuka Office 2019 atau Office 365 membutuhkan waktu sedikit lama. Setidaknya, butuh 20 detik ketika pertama kali dibuka.

Itu berlaku untuk aplikasi seperti, Microsoft Word, Excel, dan Power Point. Setelah membutuhkan waktu setidaknya 20 detik ketika pertama kali dibuka, aplikasi akan berjalan normal. 

Baca Juga: iPhone 12 segera dijual di Indonesia, ini perkiraan harganya

Artinya, setelah aplikasi tersebut dibuka untuk kedua atau ketiga kalinya akan berjalan lebih cepat.

Waktu yang dibutuhkan ketika pertama kali dibuka tersebut karena teknologi perangkat lunak yang disebut Rosetta 2 masih belum optimal.

Ini menjadi hal yang cukup wajar bagi karena MacBook terbaru ini menggunakan arsitektur yang berbeda. Sehingga, pengembang masih belum memaksimalkan aplikasi mereka, Microsoft Office 365 maupun Office 2019.

Microsoft kabarnya akan menambahkan dukungan yang lebih optimal untuk MacBook keluaran terbaru tersebut. Sehingga, aplikasi Office 2019 dan Office 365 berjalan lebih optimal.

Selanjutnya: Update MacOS Big Sur menyebabkan sebagian MacBook lawas bermasalah, kenapa?




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×