kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Temuan Robot Penjelajah China di Mars Soal Situs Sumber Air Purba


Kamis, 12 Mei 2022 / 14:23 WIB
Ini Temuan Robot Penjelajah China di Mars Soal Situs Sumber Air Purba
ILUSTRASI. Penjelajah Zhurong dari misi Tianwen-1 China berkendara menuruni jalur pendarat ke permukaan Mars, dalam tangkapan layar yang diambil dari video yang dirilis oleh Administrasi Luar Angkasa Nasional China (CNSA) Sabtu (22/5/2021). CNSA/Handout via REUTERS


Sumber: Channelnewsasia.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Mineral terhidrasi yang ditemukan oleh robot penjelajah China di Mars di cekungan luas yang diyakini sebagai situs samudra purba menunjukkan bahwa air hadir di permukaan planet lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya, kata para ilmuwan China.

Menurut analisis data yang dikirim kembali oleh rover, Zhurong, tanda-tanda air terdeteksi dalam sampel mineral hanya 700 juta tahun yang lalu, kata para ilmuwan dalam sebuah makalah yang diterbitkan pada Rabu (11 Mei) di jurnal Science Advances.

Mars diyakini telah basah sampai sekitar tiga miliar tahun yang lalu, ketika zaman geologis kedua planet ini, yang dikenal sebagai Zaman Hesperian, berakhir. Pada periode Amazon saat ini, tidak ada air permukaan.

Baca Juga: Matahari Menghempaskan Suar Terkuat Dalam 5 Tahun Terakhir, Apa Dampaknya?

Tanah yang mengandung mineral sampel Zhurong memiliki kerak keras yang bisa saja terbentuk oleh naiknya air tanah atau es yang mencair yang telah menguap, tulis para ilmuwan China.

Penjelajah China telah menjelajahi dataran luas Utopia Planitia sejak mendarat di planet itu pada Mei tahun lalu. Zhurong telah melakukan perjalanan sekitar 2 km dari lokasi pendaratannya saat mengumpulkan data di medan. Dalam beberapa tahun terakhir, data dari penyelidikan yang mengorbit yang dioperasikan oleh Badan Antariksa Eropa telah menemukan air di bawah es kutub selatan planet.

Hampir semua air di Mars terkunci di lapisan es kutubnya, dengan jejak yang sangat kecil di atmosfer planet yang tipis. Menemukan air bawah permukaan adalah kunci untuk menentukan potensi planet untuk kehidupan, serta menyediakan sumber daya permanen untuk setiap eksplorasi manusia.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×