kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,66   7,16   0.78%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini yang Diangkut Kapal induk AS ke Timur Tengah, Bikin Penasaran


Senin, 16 Oktober 2023 / 05:23 WIB
Ini yang Diangkut Kapal induk AS ke Timur Tengah, Bikin Penasaran
ILUSTRASI. Sejak serangan terhadap Israel, Pentagon telah mengerahkan dua kapal induk dan kapal pendukungnya ke Mediterania timur. Javad Parsa/NTB/via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Sejak serangan terhadap Israel, Pentagon telah mengerahkan dua kapal induk dan kapal pendukungnya ke Mediterania timur.

Menurut Reuters, kapal-kapal tersebut dimaksudkan untuk mencegah konflik agar tidak meluas. Namun, kapal induk AS membawa kekuatan yang signifikan ke wilayah Timur Tengah, di mana mereka membawa banyak kapal, pesawat, dan pasukan militer AS.

Kapal utama Ford

Awal pekan lalu, kapal induk Gerald R. Ford dan kapal pendukungnya tiba di Mediterania timur.

Dengan mengangkut lebih dari 5.000 pelaut, Ford, yang ditugaskan pada tahun 2017, adalah kapal induk terbesar di dunia dan terbaru di Amerika Serikat.

Kapal induk dengan reaktor nuklir ini dapat menampung lebih dari 75 pesawat militer, termasuk pesawat tempur F-18 Super Hornet dan E-2 Hawkeye, yang berfungsi sebagai sistem peringatan dini.

Selain itu, kapal induk ini memiliki persenjataan rudal, salah satunya adalah rudal Evolved Sea Sparrow, yang merupakan rudal permukaan-ke-udara jarak menengah yang digunakan untuk menyerang pesawat terbang dan drone.

Baca Juga: Update Korban Perang Hamas vs Israel Makin Gila, Korban Tewas 3.629 Orang

Ford juga memiliki rudal kerangka udara bergulir yang ditujukan untuk menargetkan rudal anti-kapal. Alat ini digunakan dengan Sistem Senjata Close-In Mk-15 Phalanx yang digunakan untuk menembakkan peluru penusuk lapis baja.

Selain itu, Ford menyertakan radar canggih yang memiliki kemampuan untuk mengatur navigasi dan lalu lintas udara.

Kapal pendukung tersebut seperti kapal penjelajah berpeluru kendali kelas Ticonderoga Normandia, kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh-Burke Thomas Hudner, Ramage, Carney, dan Roosevelt. Kemampuan tersebut mencakup kemampuan peperangan permukaan-ke-udara, permukaan-ke-permukaan, dan anti-kapal selam.

Baca Juga: WHO: Evakuasi Paksa Israel Sama Saja Hukum Mati Pasien di Gaza




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×