kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kapal Induk Terbesar di Dunia Milik AS, USS Gerald R. Ford, Tiba di Norwegia


Kamis, 25 Mei 2023 / 10:19 WIB
Kapal Induk Terbesar di Dunia Milik AS, USS Gerald R. Ford, Tiba di Norwegia
ILUSTRASI. Kapal induk AS USS Gerald R. Ford di Oslo Fjord, dilihat dari Ekebergskrenten, Norwegia, 24 Mei 2023. Javad Parsa/NTB/via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - OSLO. Kapal induk terbesar di dunia milik AS, USS Gerald R. Ford, telah tiba di perairan Norwegia untuk melakukan latihan militer bersama di bawah program NATO.

Dilansir dari Reuters, USS Gerald R. Ford tiba di Oslo pada hari Rabu (24/5). Ini menjadi perjalanan pertama kapal induk terbesar di dunia itu ke Eropa.

Otoritas militer Norwegia mengatakan, kapal dan awaknya akan melakukan latihan dengan angkatan bersenjata Norwegia di sepanjang pantai negara itu dalam beberapa hari mendatang.

"Kunjungan ini merupakan pertanda penting dari hubungan bilateral yang erat antara AS dan Norwegia, juga memberi tanda kredibilitas pertahanan dan pencegahan kolektif," kata Jonny Karlsen, juru bicara Markas Gabungan Norwegia.

Media Norwegia sempat melaporkan bahwa kapal induk itu akan berlayar ke utara Lingkaran Arktik. Namun, Karlsen menolak mengomentari laporan tersebut.

Baca Juga: Drone Supersonic WZ-8 Mulai Terlihat di Pangkalan Militer China

Kehadiran kapal induk AS ini tentu mendapat teguran dari Rusia. Terlebih, Norwegia dan Rusia berbatasan langsung di wilayah laut. Kecaman pun telah datang dari Kedutaan Rusia di Oslo.

Pihak kedutaan menegaskan bahwa seharusnya tidak ada kekuatan militer yang diperlukan untuk menjawab masalah yang ada.

"Menimbang bahwa Oslo mengakui Rusia tidak menimbulkan ancaman militer langsung ke Norwegia, demonstrasi kekuatan seperti itu tampak tidak masuk akal dan berbahaya," tulis pihak kedutaan di halaman Facebook mereka.

Norwegia berbagi perbatasan dengan Rusia di Kutub Utara. Tahun lalu, negara ini menjadi pemasok gas terbesar Eropa setelah aliran gas Rusia dibatasi. Insiden kebocoran pipa gas Nord Stream di Laut Baltik membuat kawasan tersebut mulai panas.

Baca Juga: Jadi andalan AS, USS Gerald R. Ford merupakan kapal induk terbesar di dunia

Kemampuan Kapal Induk USS Gerald R. Ford

Kapal induk terbesar di dunia ini namanya diambil dari nama Presiden AS ke-38, Gerald Rudolph Ford, yang pada pengabdian militernya bertugas di angkatan laut pada masa Perang Dunia II. Ia juga mengambil bagian dalam pertempuran di kapal induk ringan Monterey di Pasifik.

USS Gerald R. Ford mulai masuk ke tahap produksi pada tahun 2005 dan baru siap bertugas pada tahuj 2017 silam. Sebagai kapal induk terbesar di dunia, proses dimulainya produksi ditandai dengan upacara pemotongan plat baja seberat 15 ton yang merupakan bagian dari badan kapal.

Biaya pembangunan kapal induk terbesar di dunia ini tentunya tidaklah murah, yakni mencapai US$ 13 miliar atau sekitar Rp 188,5 triliun.

Kapal induk ini berbobot 100.000 ton atau setara dengan 400 Patung Liberty. Dia dibangun di Huntington Ingalls Newport News Shipbuilding di Newport News, Virginia, dan mempekerjakan 19.000 pekerja

Baca Juga: USS Gerald R. Ford, kapal induk terbaru AS seharga Rp 180 triliun siap bertugas

Berikut ini adalah spesifikasi teknis dari kapal induk terbesar di dunia, USS Gerald R. Ford.

  • Tenaga penggerak: Dua reaktor nuklir, empat poros
  • Panjang: 1.092,2 (332,9 meter)
  • Lebar: 134 kaki (40,84 meter); Lebar dek penerbangan: 252 kaki (78 meter)
  • Bobot: 100.000 ton
  • Kecepatan: Lebih dari 30 knot (34,5 mil per jam)
  • Daya tampung: 4.600 orang
  • Kapasitas peswat: Sekitar 75 pesawat tempur
  • Persenjataan: Sea Sparrow Missile jenis baru, Rolling Airframe Missile, dan Phalanx CIWS
  • Masa pakai: Hingga 50 tahun

USS Gerald R. Ford memiliki daya tampung kru yang lebih sedikit dari pendahulunya dari kelas Nimitz yang mampu menampung hingga 5.500 orang. Dengan kru yang lebih sedikit, Angkatan Laut AS mampu menghemat lebih dari US$ 4 miliar selama 50 tahun, masa pakai kapal induk ini.

Saat ini USS Gerald R. Ford yang merupakan kapal induk terbesar di dunia, menjadi andalan AS untuk bisa bersaing di wilayah perairan. Terutama untuk memberikan gertakan pada lawan-lawannya, termasuk China.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×