kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah deklarasi KTT Gerakan Non Blok soal penanganan covid-19


Selasa, 05 Mei 2020 / 06:08 WIB
Inilah deklarasi KTT Gerakan Non Blok soal penanganan covid-19
ILUSTRASI. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memberikan penjelasan kepada pers seusai mendampingi Presiden Joko Widodo mengikuti Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Non Blok secara virtual. Retno menyebut Presiden Jokowi menyampaikan seruang pentingnya Debt Swap For Covi


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - Konfernsi Tingkat Tinggi (KTT) negara-negara anggota Gerakan Non Blok (GNB) menghasilkan deklarasi untuk bersama-sama memerangi penyebaran virus corona Covid-19.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengikuti KTT Gerakan Non Blok yang dipimpin Presiden Azerbaijan pada Senin malam (4/5)

Presiden Jokowi di dampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. KTT Gerakan Non Blok tahun ini bertepatan dengan 60 tahun berdirinya Gerakan Non Blok dan 65 Tahun Dasa Sila Bandung.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada Selasa (5/5) dini hari menjelaskan hasil KTT tersebut kepada wartawan secara daring.

Menurut Retno, KTT itu dipimpin oleh Ketua GNB yang juga Presiden AzerbaijanĀ Ilham Aliyev, Presiden Sidang Umum PBB ke-74 Tijjani Muhammed Bande, Dirjen WHO Tedros Adhanom, Ketua Komisi Uni Afrika Mousa Faki Mahamat. KTT juga dihadid oleh beberapa pemimpin negara-negara anggota GNB yang lain.

Retno Marsudi menjelaskan, saat ini virus corona Covid-19 menjadi musuh bersama negara-negara di seluruh dunia termasuk negara-negara Non Blok. Jumlah kasus dan kematian terus meningkat di sebagian besar negara berkembang yang hampir seluruhnya anggota GNB mulai Asia Afrika Amerika Tengah dan Amerika Latin

Pada pertemuan itu Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa melalui video menenkankan pentingnya solidaritas dan kerjasama dari semua negara untuk menanganai Covid-19. Menurut Retno ada tiga hal yang disampaikan oleh Sekjen PBB pertama untuk mengakhiri penyebaran virus corona covid-19, menangani dampak sosial ekonomi, dan ketiga saat recovery jangan sampai ada yang tertinggal.

SELANJUTNYA>>>




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×