kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah Taktik Baru Mata-Mata Dunia Maya Korea Utara


Selasa, 13 Desember 2022 / 06:11 WIB
Inilah Taktik Baru Mata-Mata Dunia Maya Korea Utara
ILUSTRASI. Ada taktik baru yang dilakukan mata-mata dunia maya Korea Utara untuk mendapatkan informasi. KONTAN/Muradi


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Ketika Daniel DePetris, seorang analis urusan luar negeri yang berbasis di AS, menerima email pada bulan Oktober dari direktur think-tank 38 North yang menugaskan sebuah artikel, tampaknya bisnis berjalan seperti biasa.

Tapi ternyata tidak.

Menurut mereka yang terlibat dan tiga peneliti keamanan siber, pengirim sebenarnya adalah tersangka mata-mata Korea Utara yang mencari informasi.

Alih-alih menginfeksi komputernya dan mencuri data sensitif, seperti yang biasanya dilakukan peretas, pengirim tampaknya mencoba untuk mendapatkan pemikirannya tentang masalah keamanan Korea Utara dengan berpura-pura menjadi direktur 38 Utara Jenny Town.

"Saya menyadari itu tidak sah setelah saya menghubungi orang tersebut dengan pertanyaan lanjutan dan ternyata tidak ada permintaan yang dibuat, dan bahwa orang ini juga menjadi target," kata DePetris kepada Reuters, mengacu pada Town. 

"Jadi saya segera mengetahui bahwa ini adalah kampanye yang tersebar luas."

Baca Juga: Korea Utara Tembakkan Artileri ke Perbatasan Merespon Latihan Militer Korea Selatan

Menurut pakar keamanan dunia maya, lima individu yang ditargetkan, dan email yang ditinjau oleh Reuters, email tersebut merupakan bagian dari kampanye baru dan yang sebelumnya tidak dilaporkan oleh kelompok peretas yang dicurigai Korea Utara.

Pakar keamanan siber menduga para peretas menargetkan orang-orang yang berpengaruh di pemerintahan asing untuk lebih memahami ke mana arah kebijakan Barat terhadap Korea Utara.

Grup peretasan, yang oleh para peneliti dijuluki Thallium atau Kimsuky, di antara nama-nama lain, telah lama menggunakan email "spear-phishing" yang mengelabui target agar memberikan kata sandi atau mengklik lampiran atau tautan yang memuat malware. Namun sekarang, tampaknya juga hanya meminta peneliti atau pakar lain untuk memberikan pendapat atau menulis laporan.

Menurut email yang ditinjau oleh Reuters, di antara masalah lain yang diangkat adalah reaksi China jika terjadi uji coba nuklir baru; dan apakah pendekatan "lebih tenang" terhadap "agresi" Korea Utara mungkin diperlukan.

"Para penyerang mendapatkan banyak kesuksesan dengan metode yang sangat, sangat sederhana ini," kata James Elliott dari Microsoft Threat Intelligence Center (MSTIC).

Dia menambahkan bahwa taktik baru ini pertama kali muncul pada bulan Januari. 

Baca Juga: Korsel Klaim Korea Utara Tembakan Lebih Dari 100 Peluru Artileri Saat Latihan Militer

"Para penyerang telah sepenuhnya mengubah prosesnya," imbuhnya.

MSTIC mengatakan telah mengidentifikasi "beberapa" pakar Korea Utara yang telah memberikan informasi ke akun penyerang Thallium.

Sebuah laporan tahun 2020 oleh badan keamanan siber pemerintah AS mengatakan Thallium telah beroperasi sejak 2012 dan "kemungkinan besar ditugaskan oleh rezim Korea Utara dengan misi pengumpulan intelijen global."

Menurut Microsoft, Thallium secara historis menargetkan pegawai pemerintah, think tank, akademisi, dan organisasi hak asasi manusia.




TERBARU

[X]
×