kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,90   6,30   0.63%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

International Bayer berencana lakukan banding kepada hakim AS


Rabu, 17 Juli 2019 / 17:02 WIB
International Bayer berencana lakukan banding kepada hakim AS


Reporter: Ahmad Ghifari | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Hakim federal Amerika Serikat pada hari Senin kemarin telah memangkas pemberian ganti rugi Bayer AG atas seorang pria California yang menyalahkan pembunuh gulma Roundup atas kankernya, dari $ 80,27 juta menjadi $ 25,27 juta.

Hakim Distrik AS Vince Chhabria di San Francisco mengatakan bukti terhadap Monsanto Co, yang dibeli Bayer tahun lalu, menyetujui ganti rugi sebesar $ 5,27 juta yang diberikan juri kepada Edwin Hardeman. Dia juga mengatakan juri bertindak wajar dalam memberikan ganti rugi hukuman.

Meskipun demikian, Chhabria mengurangi ganti rugi dari $ 75 juta menjadi $ 20 juta, dan mengatakan bahwa Monsanto "pantas dihukum", penghargaan yang lebih tinggi "secara konstitusional tidak diperbolehkan" karena hampir 15 kali ganti rugi.

"Perilaku Monsanto, meski tercela, tidak menjamin rasio sebesar itu, terutama jika tidak ada bukti yang menunjukkan penyembunyian yang disengaja dari risiko keamanan yang diketahui atau jelas,"ujar Chhabria, dikutip Reuters.

Hardeman mengatakan dia menggunakan Roundup selama bertahun-tahun mulai tahun 1980-an untuk mengobati racun pohon ek dan gulma. Dia didiagnosis dengan limfoma non-Hodgkin pada tahun 2014, tetapi sekarang dalam remisi.

Hardeman adalah salah satu dari lebih dari 13.400 penggugat yang menggugat Bayer dan Monsanto atas Roundup, mengatakan bahan aktif herbisida, glifosat, itu tidak aman. Kasusnya dianggap sebagai penentu bagi ratusan kasus serupa sebelum Chhabria.

Dalam sebuah pernyataan, Bayer menyebut keputusan Chhabria sebagai "langkah ke arah yang benar," tetapi mengatakan masih berencana untuk mengajukan banding.

Hardeman dapat mengajukan banding atas keputusan Chhabria untuk mengurangi pemberian ganti rugi, oleh salah seorang pengacaranya, Michael Baum, dalam sebuah pernyataan yang disebut "kesalahan yang dapat dibalikkan.

Preseden Mahkamah Agung AS membatasi rasio ganti rugi terhadap ganti rugi hingga 9 banding 1. "Kami senang bahwa hakim menolak mosi Monsanto untuk membatalkan vonis, dan mengakui bahwa Monsanto pantas dihukum," kata Jennifer Moore, seorang pengacara untuk Hardeman, dalam sebuah wawancara. "Kami tidak setuju dengan pengurangan vonis juri."

Bayer membayar $ 63 miliar untuk Monsanto. Kasusnya adalah Litigasi Tanggung Jawab Produk Roundup, Pengadilan Distrik AS, Distrik Utara California, No. 16-md-02741. Kasus Hardeman adalah Hardeman v Monsanto Co di pengadilan yang sama, No. 16-00525.




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×