kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Investor Tesla Merasa Ditinggal Elon Musk Setelah Nilai Perusahaan Turun US$ 700 M


Jumat, 16 Desember 2022 / 15:38 WIB
Investor Tesla Merasa Ditinggal Elon Musk Setelah Nilai Perusahaan Turun US$ 700 M
CEO Tesla Elon Musk. Investor Tesla Merasa Ditinggal Elon Musk Setelah Nilai Perusahaan Turun US$ 700 M.


Sumber: CBSNews | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Para investor Tesla merasa seolah ditinggal oleh CEO Tesla Elon Musk. Kondisi ini diperparah dengan penjualan 22 juta saham Tesla pekan ini senilai US$ 3,6 miliar oleh Musk. Dan Elon Musk telah mengantongi US$ 40 miliar dari penjualan saham Tesla pada tahun lalu.

Padahal, sebelumnya pada  awal tahun 2022, Tesla menempati peringkat sebagai salah satu perusahaan paling bernilai di dunia, dengan kapitalisasi pasar sebesar US$ 1,2 triliun. 

Elon Musk pun menjadi orang terkaya di planet ini, dengan saham kepemilikannya di Tesla memberinya kekayaan bersih sebesar US$ 300 miliar, bersamaan dengan memenangkan kekaguman dari banyak investor setia.

"Tesla bulls, pelangi masa depan ada di sini dan sekarang," cuit Leo KoGuan, yang menggambarkan dirinya sebagai pemegang saham individu terbesar ketiga Tesla, pada Januari 2022.  "Tersenyumlah pada dirimu yang beruntung," sambungnya.

Baca Juga: Saham Tesla Terus Turun, Elon Musk Bukan Lagi Orang Terkaya Dunia

Menjelang akhir tahun, beberapa investor mempertanyakan keputusan Elon Musk dan komitmennya terhadap perusahaan perintis mobil listrik. 

Kekecewaan mereka berpusat pada keputusan Elon Musk membeli Twitter sebesar US$ 44 miliar, yang telah menghabiskan perhatian konglomerat tersebut serta membebani saham Tesla.

Mungkin yang paling menyakitkan bagi investor Tesla adalah bahwa Elon Musk sendiri telah menjual hampir US$ 40 miliar sahamnya sendiri di perusahaan tersebut pada tahun lalu, menurut sebuah laporan dari Wedbush Securities.

Keputusan Elon Musk menjual miliaran saham Tesla miliknya dan investor mempertanyakan fokusnya, saham perusahaan mobil tersebut telah kehilangan nilai lebih dari US$ 700 miliar. 

Pada hari Rabu, Musk mengajukan dokumen peraturan yang menunjukkan bahwa dia telah menjual 22 juta saham tambahan Tesla dengan harga sekitar US$ 3,6 miliar.

Dengan kondisi itu, beberapa investor terkemuka Tesla sekarang melihat awan gelap di perusahaan pembuat mobil listrik itu dan bukan pelangi.

Baca Juga: Investor Marah Mengetahui Elon Musk Jual Lagi Saham Tesla

"Elon meninggalkan Tesla dan Tesla tidak memiliki CEO yang bekerja," tulis KoGuan Rabu di Twitter. 

"Tesla membutuhkan dan pantas untuk memiliki CEO yang bekerja penuh waktu," sambungnya.

Investor sekarang merasa ditinggalkan oleh Musk. 

Dan Ives, seorang analis di Wedbush Securities yang meliput Tesla, mengatakan kepada CBS MoneyWatch. "Bagi investor, waktu telah menunjukkan pukul 12 - frustrasi telah meningkat secara besar-besaran, dan Musk tampaknya berlipat ganda, bukan mundur," gumamnya.

Tesla tidak segera membalas permintaan komentar terkait hal ini.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×